Tool untuk Membuat UML

Unified Modelling Language (UML) adalah bahasa berupa gambar/diagram yang dipakai untuk pemodelan software berorientasi objek. Wikipedia mendefinisikannya sebagai a standardized general-purpose modeling language in the field of object-oriented software engineering (sebuah bahasa pemodelan standar untuk keperluan umum yang digunakan dalam rekayasa software berorientasi objek). Kayak piktograf aja ya, tulisan yang gak pake huruf, tapi pake gambar.

Karena berupa gambar/diagram, untuk mempelajarinya paling mudah ya dengan menggambar. Kalau menggambar pakai tangan ya hanya mengasah, kurang menambah pengetahuan baru. Makanya paling bagus menurut saya menggambarlah menggunakan tool berupa software yang bisa kita pakai untuk menggambar. Nah, ada beberapa tool yang bisa kita manfaatkan untuk membuat UML.

Rational Rose adalah salah satunya. Software ini berbayar, tidak gratis. Dibuat oleh IBM, Rational Rose didesain untuk menjaga konsistensi diagram satu dengan yang lainnya. Wah, luar biasa ya. Jadi berbagai aturan pembuatan UML , seperti penamaan simbol, dijaga ketat oleh software ini. Bagus kan? Maklumlah, tidak gratis.

Microsoft Visio adalah contoh yang lain lagi. Meski berbayar, sayang Visio kurang cocok untuk dipakai membuat UML. Mengapa, karena Visio kurang menjaga konsistensi antara Use Case Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram.

Kalau yang gratis, bisa dicoba beberapa alternatif berikut. Yang saya catat dalam postingan ini hanya beberapa, karena sebenarnya masih banyak tool lain yang gratis yang ada di dunia maya.

  1. Argo UML. Silakan download di http://argouml-downloads.tigris.org/argouml-0.34/
  2. BOUML, bisa didownload di http://www.bouml.fr/download.html
  3. VioletML, download di http://alexdp.free.fr/violetumleditor/page.php?id=en:download
  4. StarUML, download di http://sourceforge.net/projects/staruml/?source=recommended
  5. Modelio, download di http://www.modelio.org/downloads/download-modelio.html

Selain itu, ada juga beberapa artikel yang membahas tentang tool UML gratis, salah satunya adalah http://www.devcurry.com/2010/06/free-open-source-uml-tools.html Silakan disimak, dan tentu saja silakan didownload, dan dipraktikkan..

Happy diagramming…

 

Lanjut, ditulis pada 22 Desember 2012…
Ternyata dunia cepat sekali berubah, termasuk saya. Untuk tool membuat diagram yang saya pakai sekarang malah Visual Paradigm (http://www.visual-paradigm.com). Tidak sepenuhnya gratis, hanya trial 30 hari. Itu pun dengan batasan ekspor ke file lain ada watermark-nya di seluruh halaman. Tapi bisa diakali dengan tombol print screen atau snipping tool. Kelebihannya ya mungkin karena mirip rational rose yang berbayar, yakni menjaga konsistensi antara diagram satu dengan yang lainnya.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kuliah dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tool untuk Membuat UML

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s