Informasi untuk Mahasiswa Pasca Sarjana

Tulisan ini merupakan salinan dari lembar informasi yang saya dapat waktu mengurus kartu tanda mahasiswa di Gedung Annex Rektorat ITB. Ya, siapa tahu bermanfaat bagi saya di kemudian hari. Berikut informasinya…

Informasi yang Perlu Diketahui Mahasiswa Program Pasca Sarjana

Sumber Informasi Resmi:

  • Laman akademik http://akademik.itb.ac.id. Setiap mahasiswa harus pernah mencoba untuk mengakses dan mencoba semua pilihannya agar memahami semua informasi yang tersedia.
  • Loket Direktorat Pendidikan, Gedung Annex Rektorat ITB Lantai I, Jln. Tamansari 64 Bandung, 40116, telepon 022-2508519, 022-2530689, 022-2503147 ext 13103
  • Ditanyakan via email ke alamat email: infoakad@akademik.itb.ac.id dengan mencantumkan data diri (NIM dan nama)

Setiap semester mahasiswa wajib:

  • Membayar biaya perkuliahan sesuai jadwal pada kalender pendidikan dan ketentuan Direktorat Keuangan
  • Mendaftar sesuai jumlah SKS yang diambil (boleh nol SKS) pada periode pendaftaran ulang mahasiswa yang ditetapkan dalam kalender pendidikan. Apabila sampai batas waktu yang ditetapkan belum memiliki KSM sah, mahasiswa hanya diizinkan mendaftar dengan beban 0 SKS. Pada masa perubahan Rencana Studi (PRS) hanya boleh menambah/membatalkan kuliah, bukan melakukan pendaftaran ulang.
  • Mencermati Daftar Peserta Kelas di Fakultas/Sekolah/Program Studi masing-masing dari KSM (apakah mata kuliah yang diambil sudah benar) serta versi online yang ada di laman akademik.
  • Mencermati semua nilai yang:
    • dapat dilihat langsung pada Laman OL akademik (https://ol.akademik.itb.ac.id)
    • masih T atau nilai yang belum keluar (perhatikan batas waktu perubahan nilai di Kalender Pendidikan)
  • Mencermati NR, IP, IPK, dan jumlah SKS lulus serta kekurangannya sesuai kurikulum, serta memperhatikan batas waktu studi.

Arsip akademik yang telah disahkan harus disimpan selama menjadi mahasiswa:

  • Surat-surat pemberitahuan dan surat perjanjian yang pernah Anda tanda tangani
  • KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan Kartu Perpustakaan
  • KSM (Kartu Studi Mahasiswa) setiap semester
  • Bukti pembayaran setiap semester (khusus bagi pembayaran non autodebet)

KTM dan KSM harus dapat ditunjukkan pada saat ujian dan ketika mengurus persoalan akademik. Jika KTM/KSM hilang, harus segera mengurus penggantinya di Loket Direktorat Pendidikan.

Laman OL Akademik

Administrasi kegiatan pendidikan (pendaftaran ulang, pengisian kuesioner perkuliahan, dll) dilakukan di Laman OL Akademik (https://ol.akademik.itb.ac.id). Untuk dapat mengakses laman tersebut, Anda terlebih dulu harus membuat akun dengan cara:

  1. Login pada Laman OL akademik menggunakan User ID dan password yang digunakan saat mengisi data mahasiswa baru
  2. Pilih menu “User Management”, kemudian pilih “Pembuatan Account Mahasiswa”
  3. Masukkan password yang diinginkan, kemudian pilih “Simpan”

Setelah melakukan tahapan di atas, Anda dapat mengakses laman OL Akademik dengan menggunakan user ID berupa NIM dan password yang baru. User ID yang digunakan saat mengisi data mahasiswa baru otomatis akan di-nonaktifkan.

Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan

Buku peraturan Akademik dan Kemahasiswaan dapat dilihat di Perpustakaan Pusat ITB, Perpustakaan Program Studi, atau pada Laman Akademik http://akademik.itb.ac.id (menu: Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan).

Kalender Pendidikan

Jadwal kegiatan pendidikan untuk satu tahun akademik dapat dilihat pada Kalender Pendidikan yang ditempel pada papan pengumuman setiap Program Studi atau pada Laman Akademik http://akademik.itb.ac.id (menu: Kalender Pendidikan).

Formulir Untuk Proses/Transaksi Akademik

Untuk keperluan proses administrasi pendidikan di Loket Direktorat Pendidikan telah disediakan formulir standar yang dapat dicetak dari Laman Akademik http://akademik.itb.ac.id (menu: Form Transaksi Mahasiswa). Perhatikan otorisasi pengesahan yang diperlukan.

Wali Akademik

Setiap mahasiswa mempunyai wali akademik yang akan membantu mengarahkan dalam pengambilan mata kuliah dan bimbingan persoalan akademik. Pastikan bahwa Anda mengetahui wali Anda, tata cara menghubunginya, dan pernah bertemu secara formal minimal dua kali per semester. Jangan segan menghubungi wali jika mempunyai persoalan akademik. Jangan biarkan persoalan berlarut-larut dan semakin parah.

Pendaftaran Untuk Perkuliahan Semester I 2012/2013

Untuk mengikuti kegiatan pada Semester I 2012/2013, terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran rencana studi dengan cara:

  1. Menemui dosen wali untuk melakukan perwalian tatap muka dan menyepakati mata kuliah yang akan diambil, sesuai jadwal yang ditentukan oleh Sekolah Pasca Sarjana. Informasi dosen wali dapat dicari di Fakultas/Sekolah/Program Studi.
  2. Melakukan pengisian rencana studi secara online (berdasarkan hasil perwalian tatap muka yang telah dilakukan sebelumnya) melalui laman OL Akademik (https://ol.akademik.itb.ac.id). Waktu pengisian rencana studi: 1 Agustus 2012 – 10 Agustus 2012 pukul 16:00. Apabila tidak ada masalah pada rencana studi yang diisikan, Dosen Wali akan melakukan persetujuan secara online.
  3. Mengambil Kartu Studi Mahasiswa (KSM) Semester I 2012/2013 di Fakultas/Sekolah/Program Studi.

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan waktu pendaftaran ulang bagi mahasiswa ITB yang lain. Jadwal rinci kegiatan pendaftaran ulang ini dapat dilihat pada Laman OL Akademik.

Pos ini dipublikasikan di Akademik dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s