Cara Mengetahui WOEID

Where on Earth ID, atau yang lebih dikenal dengan singkatan WOEID adalah sebuah identitas unik yang digunakan Yahoo! untuk mengidentifikasi suatu lokasi di muka bumi. Salah satu Application Programming Interface (API) yang disediakan oleh Yahoo! adalah Yahoo!GeoPlanet. API inilah yang menggunakan WOEID untuk menunjuk satu lokasi di bumi. Dengan identitas tersebut, para programmer dapat memanfaatkan API-API Yahoo! lainnya yang menggunakan referensi geografis.

Salah satu contohnya adalah ketika kita ingin mendapatkan informasi cuaca. Untuk mendapatkan datanya, kita menggunakan API weather milik Yahoo!. Nama lengkapnya Yahoo! weather RSS Feed. Dari namanya yang mengandung tulisan RSS Feed, dapat ditebak bahwa kita akan mendapatkan bentuk RSS yang format jeroannya adalah bahasa XML.

Nah, untuk mendapatkan informasi cuaca suatu tempat, kita bisa mengakses alamat URL http://weather.yahooapis.com/forecastrss. Namun, alamat tersebut harus dilengkapi dengan parameter di belakangnya, sebagai misal:


http://weather.yahooapis.com/forecastrss?w=1047180&u=c

Bertindak sebagai parameter adalah bagian yang terletak setalah tanda tanya (“?”) dan masing-masing dipisahkan tanda ampersan (“&”). Jadi, ada dua parameter, yakni parameter “w” dan “u”.

w = parameter ini menunjukkan WOEID, yakni identitas tempat yang ingin kita lihat kondisi cuacanya. Jadi, parameter ini hukumnya wajib. Harus ada.

u = parameter ini menunjukkan unit derajat (Celcius atau fahrenheit) yang ditampilkan. Jika parameter ini tidak disertakan, derajat mengacu ke fahrenheit.

Nah, sekarang yang jadi persoalan, dimana mendapatkan angka yang menunjukkan WOEID-nya? Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan WOEID.

  1. Menggunakan http://woeid.rosselliot.co.nz. Pada situs ini kita bisa mencari WOEID sebuah kota yang inginkan. Tinggal ketik nama kota pada bagian “Search Place”. Klik “Lookup” dan lihatlah beberapa hasil pencarian akan ditampilkan. Pilihlah WOEID sesuai dengan yang kita maksud.
  2. Akseslah http://weather.yahoo.com. Dari situs ini kita bisa melihat prakiraan cuaca, dan kita bisa mencari informasi cuaca sebuah kota. Misalkan saja Bandung. Nah, coba perhatikan address bar (tempat mengetik alamat website) browser Anda.
Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s