Yang Saya Lakukan Agar Bisa Berbahasa Java

Salah satu mata kuliah di semester I ini adalah pemrograman internet/web. Adapun bahasa pemrograman yang diwajibkan adalah bahasa Java. Bahasa ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah multi-platform, write once run everywhere, dan mudah dipelajari. Nah, frase ‘mudah dipelajari’ ini ternyata relatif, yakni lebih mudah ketimbang bahasa C++ yang sama-sama powerful dan sama-sama turunan dari bahasa C. Dibanding C++, sintaks Java lebih sederhana. Kesimpulannya? Bagi saya, yang notabene baru kenal dengan bahasa Java, tetap saja merasa kesusahan.

Bersyukur dosen mata kuliah ini pintar dan baik hati. Berbagai tutorial tentang Java beliau berikan kepada para mahasiswanya. Nah, akhirnya saya mencoba langkah ini: Praktikkan semua contoh-contoh dalam tutorial, jangan sampai ada yang tidak paham. Kalaupun ada yang tidak paham, masih ada kesempatan untuk bertanya kepada ibu dosen.  Untuk melakukan langkah ini, saya memerlukan kesabaran, ketekunan, waktu, pikiran, tenaga, dan tentu snack pendamping alias cemilan. Hehe…

Selain tutorial, ibu dosen juga memberikan tugas-tugas mingguan yang bersifat latihan pemahaman pemrograman. Namun, sayangnya saya kurang disiplin dalam hal ini.:-)   Semoga mulai besok saya bisa konsentrasi untuk segera melunasi hutang-hutang tugas ini. Jadi, dalam hal ini yang harus saya lakukan adalah: Kerjakan tugas/Pe’eR dengan tanggung jawab, serius, dan disiplin. Wow…

Tidak hanya tutorial dan Pe’eR yang ibu dosen berikan kepada para mahasiswanya tercinta. Ada juga tugas kelompok (dua orang) berupa pembuatan project aplikasi web dengan menggunakan bahasa Java. Untuk inilah, pertemuan berikutnya kami sudah dimintai proposal tentang project apa yang akan dikerjakan hingga di penghujung semester ini. Jadi, menurut saya cara seperti ini sangat baik dalam mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa program: Kerjakan project nyata dengan bahasa program Java. Bahkan menurut saya, ini seperti analogi dengan belajar bahasa Inggris dan untuk itu kita diterjunkan langsung ke Inggris.

Untuk menunjang tiga hal di atas, ada hal lain yang merupakan pekerjaan wajib dalam belajar bahasa program. Apa itu? Googling, Binging, pokoknya eksplorasi di internet tentang Java Programming. Dari aktivitas ini, kita akan ketemu banyak website yang berbicara tentang Java. Berlangganan artikel dari situs-situs Java saya rasa cukup bermanfaat.

Selain daripada itu… *gaya bahasa orba* saya juga merasa perlu untuk melakukan hal ini: Ikuti update terbaru tentang Java, baik itu berupa tips, trik, ide, dan sebagainya, yang berasal dari jejaring sosial. Beberapa pages tentang Java di Facebook saya Like. Begitu pula, beberapa akun di Twitter saya follow.

Sekian, itu dulu. Mulai sekarang, jangan lagi ada yang mengeluh, “Duh, bahasa Java sulit…” Sama, saya juga merasa kesulitan. Tapi mengeluh bukan menyelesaikan masalah, justru mempersulit diri. Bismillah saja, tetaplah berusaha karena ‘man jadda wa jada’, siapa bersungguh-sungguh akan berhasil.

Semoga bermanfaat.

Ditulis di Cipedes Tengah, Kota Bandung. 3:36 WIB.

Pos ini dipublikasikan di Akademik, Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

