Pengertian Data Center

Istilah Data Center (DC) tidak memiliki arti dan maksud yang beragam dan berbeda-beda. Namun demikian, ada beberapa referensi yang mendefinisikannya dengan bahasa yang berbeda-beda.

R & M Data Center Handbook mendefinisikan sebuah DC sebagai suatu bangunan atau ruangan yang menampung peralatan pengolahan data (yaitu server dan infrastruktur operasional) dari satu atau beberapa perusahaan/organisasi. DC harus terdiri dari setidaknya satu ruang terpisah yang memiliki power supply tersendiri serta adanya kontrol suhu.

CISCO dalam bukunya “Data Center Fundamentals” mengutip sebuah laporan dari Renewable Energy Policy Project on Energy Smart Data Centers yang menyebutkan bahwa DC adalah komponen penting dari infrastruktur yang menunjang internet, perdagangan digital, dan sektor komunikasi elektronik. Pertumbuhan lanjutan dari sektor ini membutuhkan infrastruktur yang handal karena gangguan layanan digital memiliki konsekuensi ekonomi yang luar biasa.

Wikipedia mendefinisikan DC sebagai fasilitas yang dipakai untuk menyimpan sistem komputer dan komponen terkait, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. DC mencakup juga pasokan listrik yang berlebih, koneksi komunikasi data yang berlebih, kontrol lingkungan (misalnya, AC, pencegah kebakaran), serta perangkat keamanan. DC dengan skala yang besar menggunakan listrik seperti sebuah kota kecil dan kadang-kadang merupakan sumber polusi udara dalam bentuk asap diesel.

Ada juga yang mendefinisikan DC sebagai tempat penyimpanan terpusat, baik fisik maupun virtual, untuk penyimpanan, manajemen, serta diseminasi data dan informasi yang diorganisir menurut disiplin ilmu tertentu atau berkaitan dengan suatu bisnis tertentu.

Pos ini dipublikasikan di Akademik, Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s