Entity Relationship Diagram

Istilah Entity – Relationship model (disiingkat ER model) adalah satu cara abstrak untuk menggambarkan sebuah database yang relasional. Database relasional berarti bahwa dalam database itu berisi tabel-tabel yang saling berhubungan. Model ER digambarkan dengan sebuah diagram disebut dengan Entity-Relationship Diagram (ERD atau ER diagram).

Pendekatan pengembangan software dapat dibagi menjadi dua, yakni flow oriented dan object oriented. Nah, ERD ini digunakan pada pengembangan software flow oriented atau procedural oriented. Jadi, jangan sampai Anda membuat ERD untuk diprogram dengan bahasa yang object oriented, semisal C++ atau Java. Karena, untuk object oriented Anda harus menggunakan Unified Modelling Language (UML). Artikel ini akan membahas tentang aturan main menggambar ERD.

Komponen ERD

  1. Entitas
    Entitas merupakan suatu barang, abstrak ataupun riil, yang dapat kita definisikan berdiri sendiri. Yang riil seperti orang, bangunan, sedang yang abstrak seperti penjualan, permintaan, dsb. Gampangnya, entitas ini sebuah kata benda. Entitas disimbolkan dengan kotak persegi panjang. Dalam database, entitas adalah nama tabel.
  2. Relationship (hubungan)
    Hubungan ini menggambarkan keterkaitan antara entitas satu dengan yang lain. Dengan demikian, relationship merupakan bentuk kata kerja. Simbol yang digunakan adalah belah ketupat.
  3. Atribut
    Atribut di sini adalah atribut-atribut yang bisa melekat pada entitas maupun relationship. Simbol yang digunakan adalah elips.

Berikut contoh-contoh penggambarannya:

Konvensi penggambaran

Ada beberapa cara menggambar ERD ini. Berikut ini notasi yang digunakan dalam menggambarkan ERD.

 

 

Pos ini dipublikasikan di Akademik, Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s