Membuat Aplikasi Windows Phone

OS windows phone saat ini sedang menancapkan kuku-kuku ambisinya di pasar OS mobile. Bahkan, pihak Microsoft mengklaim bahwa OS windows phone yang saat ini sudah sampai versi 8, ke depannya akan menggeser market share OS mobile di dunia. Banyak jalan yang perusahaan itu lakukan, salah satunya adalah beberapa pelatihan training gratis tentang pembuatan aplikasi pada windows phone. Tidak hanya itu, Microsoft di Indonesia bahkan menggelar kompetisi membuat aplikasi windows phone.. Deuh… jadi kepingin ngoprek windows phone. Mari kita simak, apa saja yang diperlukan untuk membuat aplikasi windows phone…

Langkah 1. Siapkan development tool dan install.

Kita memerlukan development tool untuk membuat aplikasi windows phone. Silakan download beberapa toolnya di sini http://msdn.microsoft.com/en-us/SharePointAndWindowsPhone7TrainingCourse_WindowsPhoneHelloWorldApplicationLab.

Software development toolnya ternyata sebuah IDE bernama microsoft visual studio 2010. Beruntung bagi mereka yang sudah biasa bekerja menggunakan IDE tersebut. Oiya, apa sih IDE itu? IDE singkatan dari Integrated Development Environment yang kira-kira artinya adalah lingkungan pengembangan aplikasi terpadu. Hehe…

Langkah 2. Buat project, pilih template-nya Windows Phone Application.

Untuk membuat project ini, sama seeperti caranya kita mengembangkan aplikasi berbasis desktop dengan visual studio2010. Tidak usah dijelaskan, soalnya sudah pada tahu.

Langkah 3. Run project, insyaAllah kalau programnya tidak ada error, akan muncul semacam windows phone emulator. Aplikasi rancangan kita yang akan muncul di situ.

Yah, gitu doang ya.. Tinggal nanti deploy aplikasinya pada tulisan selanjutnya. Untuk saat ini, kita bicara konsep dulu seputar pemrograman dengan windows phone.

  • Aplikasi windows phone terdiri atas page-page dimana kita bisa meletakkan kontrol
  • Ada bahasa program yang dilibatkan di sini, yang disebut Metro Design Language
  • Ada konsep baru tentang XAML (Extensible Application Markup Language), bahasa sederhana berbasis XML untuk membuat dan menginisiasi objek .NET dengan relasi hirarkis. Meski awalnya diciptakan untuk WPF, bahasa ini dapat juga dipakai untuk membuat bermacam-macam object dengan model hirarki pohon. Kini, XAML banyak digunakan untuk membuat interface pada WPF, Silverlight, deklarasi workflow pada WF, dan untuk kertas elektronik pada standar XPS.

Tunggu, banyak banget istilah baru ya… WPF, WF, XPS, Silverlight, dsb.. Apaan tuh?

WPF singkatan dari WIndows Presentation Foundation. Maksudnya, WPF merupakan subsistem grafis software komputer untuk merender user interface dalam aplikasi berbasis windows. WPF sebelumnya dikenal sebagai “Avalon’ yang pertama keluar sebagai bagian .Net framework 3.0. WPF tidak memakai sistem GDI, tetapi DirectX. (Note: render = mengubah ke bentuk citra 2D yang tampil di layar)

WF.. Nah, yang ini masih bingung karena banyak konteksnya.. Kalau konteks software, WF singkatan dari Weapons Factory (pabrik senjata). WF ini merupakan rangkaian dari video game capture-the-flag (permainan tangkap bendera) yang berbasis kelas. Jadi, WF ini bentuk video game… Iyakah?

XPS singkatan dari XML Paper Spesification. Teknologi ini menyediakan format kertas elektronik  yang kuat, terbuka, dan terpercaya..  XPS menampilkan paper elektronik sehingga mudah dibaca oleh hardware, sofware, dan oleh orang. Dokumen XPS dapat dicetak dengan lebih baik, lebih mudah di-share, dan lebih aman karena dapat diarsipkan dengan rahasia.

Silverlight. Lengkapnya microsoft silverlight, merupakan framework aplikasi untuk menulis dan menjalankan aplikasi internet, dengan fitur dan tujuan sama dengan adobe flash. Environment run-time untuk silverlight tersedia sebagai plugin untuk web browser yang berjalan dengan OS Windows dan Mac OS X (Linux belum atau tidak ya?). Awal kelahirannya silverlight fokus pada media streaming, namun sekarang sudah mendukung multimedia, grafik, animasi, bahkan sudah mendukung bahasa CLI (Command Line Interpreter) dan tool development untuk membuat aplikasi. Wow…

Referensi:

  1. Introduction to Windows Phone 7 Development
Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s