Blog Bisa Salah Bisa Benar

Memanfaatkan internet dalam menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan adalah satu hal yang tidak bisa dihindarkan. Terlebih bagi anak kuliahan, internet adalah sumber daya raksasa yang pasti akan selalu digunakan. Internet pula yang telah merevolusi sistem belajar dan fenomena pembiayaan buku kuliah. Internet telah meminimalkan kunjungan mahasiswa ke rak-rak buku di perpustakaan. Internet pula lah yang membuat mahasiswa tidak pernah lagi menengok toko buku untuk mencari buku referensinya. Internet telah memalingkan semua mahasiswa… Halah…

Dalam menyelesaikan tugas, seringkali mahasiswa browsing sana-sini, googling, hingga akhirnya mendapatkan sebuah referensi. Tidak jarang, referensi mereka berupa blog, yang istilahnya sendiri berawal dari kata web log (catatan web). Sebenarnya, blog itu tidak bisa dijadikan referensi, tetapi hanya sekadar pembanding saja. Salah satu dosen terbaik saya, Pak Arry, menggarisbawahi bahwa apa yang ada diinternet itu bisa salah bisa benar. Dalam bentuk blog, ada satu kemungkinan, yaitu

Penulis blog bisa jadi adalah mahasiswa juga yang menuliskan tugas kuliahnya di blog mereka. Jadi, tulisan mereka adalah sesuatu yang belum tentu benar. Bisa jadi asal-asalan, bisa jadi dikerjakan serius tapi masih salah.

Hmm.. benar juga ya. Tapi setidaknya upaya mereka nulis di blog patut diapresiasi. Mereka sudah berupaya berbagi dengan kita para ‘pencari bantuan’ yang sedang berupaya menyelesaikan tugas-tugas kuliah.

Oleh karena itu, menurut hemat saya, ada baiknya jika penulis blog itu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mencantumkan referensi bacaan, baik berupa link ke file ebook, URL sumber bacaan, dan sebagainya. Referensi inilah yang nanti akan dikejar lagi oleh pembaca.
  • Mengingatkan pembaca bahwa penulis tidak menanggung akibat buruk dari penggunaan tulisannya di blog. Istilah angkutan kotanya, risiko ditanggung penumpang.

Sip, itu dulu blogging pagi ini. 23 November – 9 Muharram, di Cipedes Tengah.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Blog Bisa Salah Bisa Benar

  1. Fitri berkata:

    Klo blok yg ditulis ini, akurat g?

    • wisnurdi berkata:

      Blog itu singkatan dari web log yg artinya catatan di web. Jadi, ya suka-sukanya si pemilik blog dong…
      Oiya.. blog, bukan blok.. Hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s