Jangan Pernah Tunda Esok

Tulisan ini berawal dari pengalaman kuliah di semester I. Fuih, barangkali karena menunda tugas, akhirnya seperti ini. Kerja lembur, lek-lekan, hingga belum tidur sejak kemarin.. Fuih…

Pokoknya, jangan pernah tunda hingga esok. Misalkan deadline tugas adalah hari H, sebisa mungkin buat deadline sendiri H-3 atau H-2. Karena kita tidak tahu, mendekati hari H, sangat mungkin kita jatuh sakit… Atau sangat mungkin ada keperluan lain yang sangat-sangat mendesak dan tidak bisa kita tinggalkan.

Lusa adalah deadline project akhir Service Oriented Architecture (SOA) semester I. Dan, hingga kini, sepertinya kami belum siap baik mental maupun fisik. Begitulah, akhirnya ajian  ‘the power of kepepet‘ pun keluar. Browsing sana-sini, mencari referensi membuat web service (salah satu bentuk penerapan SOA adalah dengan web service). Tapi ya alhamdulillah kok ya ketemu… Walaupun harus dibayar mahal dengan tidak bobok semaleman.. Hoaaahem… (menguap dulu).

Dibantu netbeans IDE, membuat webservice menjadi lebih mudah. Ada dua macam webservice yang bisa kita buat dengan netbeans. Pertama dengan Simple Object Access Protocol (SOAP), kedua dengan REST. Kali ini kami mendesainnya menggunakan SOAP.

Malam semakin larut. Begitulah, akhirnya saya putuskan untuk segera menyelesaikan tulisan utama dari tugas tersebut. Dengan merujuk sebuah tesis yang menggarap tentang SOA, saya buat kerangka tulisannya. Dari kerangka itu, menulis menjadi sedikit lebih mudah. Beberapa diagram juga harus diselesaikan. Yang paling kompleks adalah diagram arsitektur lapisan dalam sistem SOA yang kami bangun. Untunglah, saya dibantu ms Visio untuk menyelesaikannya. Thanks Microsoft for your Visio, but please forgive me for …. (Jadi malu, hiks)

Berikutnya, saya buat contoh beberapa webservice-nya dengan bahasa Java, menggunakan netbeans IDE. Webservice dibuat dengan sangat sederhana, tetapi  sudah mencakup semua operasi yang telah didefinisikan dalam tulisan sebelumnya.

Nah, dengan selesainya pembuatan webservice tersebut, dengan mudah kita dapat meng-generate web service description language (WSDL)-nya. Demikian pula, dengan mencoba sebuah input kemudian men-submit-nya, dapat dengan mudah kita lihat bentuk SOAP request dari client dan SOAP response-nya dari webservice.

Esoknya, pekerjaaan dari semua tim dikompilasi.. Akhirnya, selesailah tugas itu. Judulnya “Rancangan Sistem Informasi Berbasis Service Oriented Architecture pada Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.”  Segera kami serahkan buku tersebut ke dosen kami, Dr. Jaka Sembiring. Semoga tugas kami diapresiasi.. amiiin.

Inilah bentuk akhirnya… Hampir 1 rim!

Buku Rancangan SOA pada STEI

 

Cipedes Tengah, 17 Januari 2013
Mulai ditulis pada 3 Januari yang lalu.. Di sela-sela lek-lekan kejar deadline… Tetapi baru hari ini bisa dirampungkan dan dipublish…

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s