Empat Paper Seminggu

Kuliah “sistem paralel” ternyata banyak sekali pesertanya, meskipun materinya lumayan rumit. Menjadi banyak karena tidak sedikit mahasiswa S1 yang turut bergabung dalam perkuliahan ini. Tapi tidak masalah, yang penting ilmunya masuk di otak dan bermanfaat di kemudian hari. Meski mahasiswanya banyak dan terkesan berdesak-desakan, pak dosen tetap asik mengajar dengan penuh semangat. Pak dosen ini orangnya sepertinya santai dan humoris.

Beliau menceritakan, kalau menjadi mahasiswa S2 atau S3, kebiasaan harus berubah. Membaca paper minimal 4 biji dalam satu minggu. Tidak harus dari IEEE, bisa dari jurnal ilmiah yang lain.

Bahkan kalau menjadi mahasiswa S3, jalan menuju Phd adalah hari-hari yang panjang dan melelahkan. Beragam referensi dan bacaan harus disantap setiap hari, karena hasil akhir dari seorang Phd adalah penemuan baru. Jadi, jangan sampai ide seorang mahasiswa S3 keduluan oleh orang lain.

Sebaiknya jika menjadi mahasiswa S3, begitu ada ide, buatlah paper dan publikasikan. Pokoknya jangan sampai keduluan orang lain. Kalau sampai kita keduluan orang lain, rasanya seperti dibom, “duor!!!!”

Kembali ke empat paper satu minggu. Kira-kira mampu ndak ya? Bismillah saja deh…

Untuk mencari bahan-bahan bacaan berupa paper atau tulisan ilmiah lainnya, Anda bisa berkunjung ke digital library (perpustakaan digital) milik Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) di http://ieeexplore.ieee.org atau aplikasi bookfinder di http://en.bookfi.org.

Untuk mengakses digital library milik IEEE, Anda harus terdaftar. Beruntung, jaringan di kampus ITB sudah terdaftar, jadi saya dapat mengunduh banyak paper untuk tujuan belajar.

Ieexplore

 

Bandung, 30 Januari 2013

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s