Orientasi Mahasiswa Pascasarjana

Katanya sih baru tahun ini diadakan orientasi mahasiswa pascasarjana di STEI ITB. Katanya sih yang kuliah tahun ini seperti dianakemaskan lantaran diberi sesi khusus orientasi yang diisi oleh para petinggi STEI. Padahal, katanya juga, karena para petinggi kampus baru memiliki kesempatan menyelenggarakannya. Hehehe… Mari kita cuplik sedikit orientasinya.Orientasi diawali dengan ceramah pembuka dari pak Dekan, Prof. Dr. Suwarno. Salah satu hal yang patut dikutip dari nasihat beliau adalah manfaatkan kesempatan kuliah di STEI ini untuk mengunduh sebanyak-banyaknya paper di IEEE. Soalnya, di luar STEI tidak gratis lho… Bahkan, beliau bercerita dulu waktu kuliah di Jepang, koleksi download-an papernya sampai ribuan. Tapi ya wallahu a’lam, dibaca semua atau tidak… Betewe, agak beda dengan anak muda zaman sekarang Prof. Mereka, termasuk saya, lebih banyak download film atau manga. Hehe..

Pak Dekan Prof memberi sambutan

Pak Dekan memberi sambutan

Orientasi dilanjutkan dengan berbagai topik yang disampaikan oleh beberapa narasumber, dari yang ketua program studi (kaprodi) hingga yang kepala subbagian (kasubbag). Salah satu topik bahasan yang disampaikan dalam orientasi tersebut adalah mengenai etika mahasiswa. Beberapa etika yang menurut saya penting bagi mahasiswa adalah:

  • Pakaian sopan dan rapi di kampus pas kuliah. Jangan pakai kaos oblong, jangan pakai sandal.
  • Usahakan datang kuliah tepat waktu. Kalau apesnya lagi terlambat, tidak usah ribut (berlagak ngos-ngosan). Intinya, biarpun telat jangan sampai mengganggu kuliah.
  • Jaga privasi dosen. Misalkan kita secara empat mata meminta nomor ponsel seorang dosen, maka jangan sekali-kali kita memberikan nomor tersebut kecuali dengan meminta izin dulu kepada dosennya. Menurut pengakuan narasumber yang memberi orientasi, hal seperti itu tidak etis. Bahkan beliau menyatakan tidak mengangkat nomor telepon yang tidak terdaftar dalam kontaknya.
  • Jangan mengajak kawan lainnya ngobrol pada saat dosen menyampaikan kuliahnya. Ada dua kesalahan jika kita melakukan hal ini, pertama membuat ribut meski sedikit, dan kedua membuat teman kita tidak fokus pada penjelasan dosen.

Acara orientasi dimulai pada pukul 13.30 WIB. Berbagai nasihat, penjelasan, pengumuman, penegasan, dsb. berlangsung hingga kurang lebih pukul 15.20 WIB. Setelah itu, sesi tanya jawab terbuka pun dihadirkan. Para peserta antusias mengajukan pertanyaan, tentunya seputar akademik kemahasiswaan. Dan, ketika waktu mulai mendekati pukul 16.00 WIB, orientasi pun usai.

Sekian dulu berita orientasi. Kirain mau di-ospek, ternyata diberi nasihat-nasihat bagus. Plus dapat snack pula.. Sayang kalau tidak datang, soalnya diabsen dengan acara tanda tangan bukti kehadiran.

Cipedes Tengah, 4 Februari 2013

Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Orientasi Mahasiswa Pascasarjana

  1. Rizki Aditya, M berkata:

    Bpk, tadinya dari S1 langsung ke S2 atau ada jedanya dulu, bekerja misalnya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s