Pengantar CSS

CSS Adalah

CSS singkatan dari Cascading Style Sheets. Sesuai namanya, cascading berarti mengalir ke bawah, Style Sheet berarti sheet atau lembar kerja yang berisi gaya atau model tampilan. Jadi CSS merupakan sekumpulan sintaks terstruktur yang mengatur model atau gaya tampilan dari kode-kode HTML yang kita bangun.

Plus Minus CSS

CSS kita perlukan untuk memudahkan mengatur tampilan desain halaman web. Bagaimana tidak mudah? Simak ya kelebihannya..

  1. Kita dapat menyeragamkan semua halaman web dengan hanya sekali mengedit model/style-nya, yakni di file  CSS. Asalkan semua file tersebut menyertakan link ke CSS tersebut.
  2. Sekali file CSS kita buat, file tersebut akan mudah kita gunakan kembali untuk desain website-website yang lain. Meskipun hanya satu atau dua class, insyaAllah ada fungsi reusabilitas-nya (mudah dan enak digunakan kembali).
  3. File kita menjadi ringan. Mengapa? Karena kita tidak perlu melakukan penulisan ulang kode style pada setiap file HTML.
  4. CSS memungkinkan kita mendesain tampilan seperti bentuk tabel, padahal tidak ada tabel sama sekali. Kelebihannya jelas: kode sintaks HTML menjadi rapi; file yang dihasilkan lebih kecil dan ringan; serta insyaAllah mudah diindeks oleh mesin pencari sebangsa Google.
  5. Dengan CSS tingkat tinggi, bahkan kita bisa menampilkan dropdown menu tanpa selarik baris pun kode javascript.
  6. Banyak sekali di internet resource-resource file CSS yang bagus-bagus. Nah, kita bisa memodifikasi dan memanfaatkan untuk website kita

Namun demikian, ada juga kekurangan dari penggunaan CSS. Kadang, tidak semua browser menampilkan kode CSS dalam bentuk yang sama. Kadang baik di browser firefox dan chrome, tetapi jelek atau bahkan hancur. Tetapi menurut saya, ini bukan kelemahan CSS. Meskipun kita tidak menggunakan CSS, semisal menggunakan style langsung ke kode HTML-nya, browser tetap menerjemahkannya berbeda-beda.

Kelemahan lainnya, pada tingkat tertentu CSS rumit dipahami. Padahal, jujur saja, untuk tingkat-tingkat awal, CSS ini sangat-sangat mudah dipahami. Oleh karena itu, saya ingin mendokumentasikan pelajaran CSS hingga kelemahan yang ini bisa terkikis pelan-pelan.

Pos ini dipublikasikan di Developer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s