Cara Membuat Aplikasi Android

Beberapa hari yang lalu ada seorang teman yang mengajukan proposal tesis mengenai keamanan sistem operasi perangkat mobile yang namanya Android. Dia menyoroti masalah kemudahan pada sistem Android yang ujung-ujungnya adalah mengorbankan privasi pengguna. Entah itu data kontak di handphone, atau mungkin foto-foto di dalamnya bisa sengaja atau tidak menjadi ter-upload ke dunia maya.

Nah, saya mendadak jadi tertarik juga tentang sekuriti aplikasi pada Android. Jadi, saya berkeinginan untuk membuat sebuah aplikasi android yang nantinya akan didistribusikan melalui Google Playstore. Eits, alih-alih membuat aplikasi.. Mengenal Android saja saya tidak terlalu dalam. Oleh karenanya, tulisan ini menguak sedikit jalan bagaimana mengoprek aplikasi berbasis Android.

Ada beberapa cara membuat aplikasi Android, dari yang paling mudah hingga paling susah.
Cara yang paling mudah adalah menggunakan jasa pembuatan aplikasi Android melalui internet. Kita bisa memanfaatkan layanan yang sifatnya gratis dari beberapa situs berikut ini:

  • www.appgeyser.com
    Appgeyser menyediakan tiga macam aplikasi yang bisa dibuat, yakni:

    • Jenis website. Kita harus memasukkan URL website yang akan menjadi interface aplikasi Android
    • Jenis kode HTML. Kita diminta mengisikan teks dan gambar (jika ada) yang akan tampil pada layar aplikasi Android kita
    • Jenis youtube video. Pada jenis ini kita diminta memasukkan kata kunci seperti pada website youtube.
  • www.android3apps.com
  • Android3apps menyediakan jenis aplikasi yang lebih beragam, sehingga pilihan menjadi lebih banyak. Selain itu, prosesnya juga cepat, seperti yang saya coba lakukan dengan membuat aplikasi untuk membaca blog. Aplikasi sederhana itu bisa dilihat pada halaman web http://www.freeblogapps.com/d/59f657/di-sini-cisini-di-situ-cisitu. File apk-nya bisa langsung didownload di sini. Bahkan, barcode download-nya pun langsung tersedia.

Cara berikutnya yang agak lebih susah adalah menggunakan framework, seperti phonegap. Phonegap merupakan framework pengembangan aplikasi berbasis perangkat mobile, baik dengan sistem operasi Android, Blackberry, bahkan Apple iOS. Framework ini bekerja dengan kode HTML, CSS, dan Javascript. Jadi, kita harus paham mengenai tiga hal  tersebut.

Cara yang lebih susah lagi adalah menggunakan integrated development environment (IDE) pemrograman. Adapun IDE yang paling lazim digunakan adalah Eclipse yang dilengkapi dengan Android software development kit (SDK). Untuk bisa mahir menggunakan cara ini, kita dituntut untuk menguasai bahasa Java dan tentu saja XML.

Banyak tutorial mengenai bagaimana cara membuat aplikasi Android, utamanya dengan menggunakan Eclipse dan Android SDK. Tidak percaya? Coba saja ketikkan “tutorial aplkasi android” di Google search engine. Dijamin pasti sudah banyak tutorial yang berbicara tentang Android dan aplikasinya.

Ditulis di Cipedes Tengah, di tengah-tengah penasaran mengoprek aplikasi Android.

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Cara Membuat Aplikasi Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s