Memanfaatkan Free Cloud Storage

Cloud storage secara sederahana berarti penyimpanan online file-file kita di internet yang dikelola oleh pihak tertentu yang kita percayai. Kita percayai di sini berarti bahwa kita telah menerima syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak tersebut dalam rangka menyimpankan file-file kita. Pada postingan kali ini, saya mencampurkan sedikit nada ajakan untuk memanfaatkan layanan cloud storage tersebut.

Saat ini, dengan tren komputasi awan yang semakin menguat, perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa cloud storage semakin banyak. Bahkan tak sedikit di antara mereka yang memberikan layanannya secara gratis, tetapi tentu dengan beberapa keterbatasan.

Sebut saja dropbox. Mungkin bagi Anda yang sudah biasa bekerja dengan internet tidak akan asing dengan nama ini. Ya, terus terang dropbox menjadi penyedia jasa cloud storage favorit saya. Meskipun bagi pengguna normal tak berbayar hanya mendapat kapasitas penyimpanan 2GB, layanannya berkualitas prima. Terlebih dengan aplikasi desktopnya yang dapat melakukan sinkronisasi folder tanpa membebani CPU.

Selain dropbox, ada juga beberapa penyedia lain. Berikut ini tabel daftar penyedia layanan cloud storage yang gratis.

cloud storage

Nah, selanjutnya, manfaat apa saja yang bisa kita lakukan dengan cloud storage ini? Berikut beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat.

  1. Simpan file-file dokumen pribadi dalam bentuk digital, seperti pasfoto, file hasil scan dokumen-dokumen penting seperti KTP, SIM, STNK, SK pegawai, dsb. Namun, perlu dicatat bahwa sebaiknya file-file tersebut kita kompres terlebih dahulu dengan men-set password agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Keuntungan melakukan hal ini adalah antisipasi kehilangan dokumen-dokumen penting tersebut.
  2. Sharing file secara bersama dalam sebuah grup. Dalam hal ini saya menggunakan dropbox untuk melakukan group file sharing bersama dengan teman-teman mahasiswa tugas belajar di ITB. Jadi, begitu ada file materi kuliah baru, cukup salah seorang dari kami yang meng-upload-nya, dan semua anggota grup pun langsung dapat mengaksesnya.
  3. Sharing file besar, mudah menggunakan desktop synchronization. Misalnya dengan aplikasi desktop dropbox, saya cukup menaruh file besar tersebut dalam folder dropbox pada komputer saya dan membiarkan proses sinkronisasi berjalan. Begitu sinkronisasi selesai, saya bisa men-share file tersebut melalui sebuah URL download. URL tersebut dapat dipakai untuk mendownload file besar saya secara anonim.
  4. Backup data kontak di cloud storage. Hal ini berguna bila suatu saat kita kehilangan handphone, tentu hilang pula data kontak kita. Kecuali jika kita sudah menggunakan layanan online lain untuk membackup data kontak.

Ada tips lain memanfaatkannya? Bagi yang belum pernah menggunakan cloud storage, ayo manfaatkan sekarang. Bagi yang sudah, ayo optimalkan sekarang…

Cipedes Tengah, 12 April 2013

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Memanfaatkan Free Cloud Storage

  1. saya sering pakai box.net karena simple!
    download software di downloadsoftwarejakarta.wordpress.com

    • wisnurdi berkata:

      Betul, memang simpel dan ringan. Tapi saya yakin setiap orang punya pengalaman dengan cloud storage favoritnya masing-masing…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s