Panel di Atas Panel dengan Java Swing

Kali ini saya posting tentang koding dengan bahasa Java. Sebenarnya bukan hal yang kompleks, hanya saja karena saya agak lupa, jadinya saya perlu mencatatnya di sini. Ya, semester ganjil lalu tugas-tugas dengan bahasa Java menghasilkan program yang berbasis graphical user interface (GUI). Nah, di semester ini, hampir semua tugas yang saya kerjakan dengan bahasa Java, outputnya berupa program text user interface (TUI). Dan, begitu kedapatan tugas yang mengharuskan (baca: men-sunnah-kan) dengan output GUI, ya terpaksa coding dengan Java Swing.

Java Swing merupakan salah satu library untuk membuat program berbasis GUI dalam Java. Untuk menggarap program Java dengan Swing ini paling enak menggunakan IDE Netbeans. Saat ini saya menggunakan Netbeans versi 7.3.

Satu hal yang membuat sedikit kebingungan adalah ketika saya ingin menaruh JPanel ke atas JPanel yang lain. Masalahnya, panel tersebut tidak mau muncul, alias tidak kasat mata. Hadeuh, kayak jin saja… Tapi akhirnya, saya dapatkan sintaksnya sederhana sekali.

Misalkan saya mempunyai sebuah kelas yang merupakan extends dari kelas JPanel, sebut saja namanya “Board”.

public class Board extends javax.swing.JPanel{
  public Board(){
     //sintaks kelas Board di sini, terserah mau diisi apa
  }
}

Selanjutnya saya memiliki kelas lain, misalkan sebuah JFrame. Di atas JFrame tersebut kita taruh sebuah panel, sebutlah namanya jPanel1. Berikut cara memanggil panel Board di atas…

public class Coba extends javax.swing.JFrame {
   private javax.swing.JPanel jPanel1;
   public Coba(){
      initComponents(); //fungsi untuk menampilkan
                        //object yang digenerate
                        //secara otomatis oleh Netbeans IDE
      Board papan = new Board();
      jPanel1.add(papan);
      papan.setBounds(0, 0, 400, 400);
   }
}

Oke, selamat mencoba…

Cipedes Tengah, 25 April 2013

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

