WYSIWYG HTML Editor

WYSIWYG HTML editor yang saya maksudkan ini adalah yang digunakan untuk aplikasi web, yang biasanya diembed ke satu atau lebih object textarea, div, dsb. Jadi bukannya HTML editor yang digunakan untuk membuat file HTML semacam Dreamweaver, Ms FrontPage, HTML Coffe, dan lain-lain.

Saya mencatat setidaknya ada beberapa WYSIWYG HTML editor yang sangat bermanfaat. Berikut sedikit ulasan saya.

1. TinyMCE Editor

Filenya sebenarnya banyak, hanya saja kita bisa memilah mana saja yang perlu dan mana yang tidak. Saya menempatkan pada pilihan pertama, karena ringan dan mudah untuk imprementasinya.

2. nicEdit

Sebenarnya nicEdit luar biasa menurut saya. Dia hanya menggunakan file yang sangat kecil dan sangat sederhana. Cara penggunaannya pun mudah. Hanya saja, cara pengolahan datanya yang agak ribet. Pasalnya, nicEdit menggunakan object div untuk menyimpan kode HTML-nya. Bahkan, ketika saya mencoba mengolahnya, berhasil di localhost tetapi gagal di server sesungguhnya.

3. XINHA

Kalau yang ini saya belum mencoba, hehe. Yang jelas, pluginnya sangat lengkap bahkan ada juga fitur untuk tag MSOffice. Efeknya, ya lumayan berat waktu loading-nya.

4. Kams Editor

Editor yang ini merupakan produk asli Indonesia. Dikembangkan oleh Bapak Kamsory, editor ini ditujukan untuk melengkapi keampuhan CMS-nya yang bernama CMS Pemayung

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

