Filosofi Nakal dan Tips Tentang Password

Filosofi ini sebenarnya saya dapatkan dari sebuah komentar seorang kawan di facebook. Tetapi sayang saya lupa, siapa yang komentar itu. Intinya, filosofi ini berupa analogi password dengan sesuatu yang menurut saya agak nakal. Nakal, tapi kalau dipikir-pikir kok ada benarnya juga…

Filosofi itu adalah bahwa password itu ibarat celana dalam. Ya, celana dalam, yang biasa Anda pakai sehari-hari. Maaf, kalau saya salah, mungkin ada di antara Anda yang tidak biasa memakainya.. hehe… Ada beberapa prinsip dalam mengamankan password, mirip dengan prinsip yang kita terapkan dalam menggunakan celana dalam.

Pertama, celana dalam harus sering diganti. Gak mungkin kan, selama seminggu Anda memakai celana dalam itu-itu saja, tanpa pernah ganti.. Begitu pula, password harus sering kita ganti. Bahkan, kalau kita menggunakan aplikasi cPanel, kita akan dipaksa mengganti password jika sudah 90 hari tidak pernah ganti.

Kedua, celana dalam yang sedang Anda pakai tidak boleh diperlihatkan ke orang lain. Ya nggak sih? Begitu pula, password jangan sampai diketahui oleh orang lain. Kalau celana dalam diketahui orang lain, mungkin Anda hanya diolok-olok, misalnya, “Eh, si fulan celana dalamnya warna merah muda… Bolong pula…. Hahahaha…” Duh, apa ndak malu itu… Sementara kalau orang lain tahu password kita, mungkin untuk sesaat kita tidak perlu malu. Tetapi menjadi sangat malu semalu-malunya ketika orang yang mendapatkan password kita melakukan hal-hal yang memalukan dengan akun-akun yang diproteksi dengan password itu. Duh!

Emmmm, apa lagi ya persamaannya? Cari aja sendiri ya, soalnya saya mau share tentang tips mengamankan password. Berikut ini beberapa tips, insyaAllah bermanfaat.

  1. Sering-seringlah ganti password. Tetapi, untuk password yang saya yakini kuat (panjang dan kombinasi karakter yang beragam), saya jarang menggantinya.
  2. Jangan sekali-kali memberitahukan password Anda kepada orang lain. Jangan mencatatnya di suatu tempat yang Anda pikir akan aman. Cobalah menggunakan penyimpan password offline. Saya sendiri menggunakan keepass password database.
  3. Jangan gunakan satu password untuk bermacam akun Anda. Asumsinya, bila sebuah password bocor, tentu hanya satu akun yang bocor. Yang lain masih aman. Semoga saja.
  4. Jangan sekali-kali menggunakan tanggal lahir, tanggal perkawinan, nama istri, nama suami, nama anak, nama binatang ternak, dan sebagainya sebagai password Anda yang kira-kira bisa ditebak orang.
  5. Gunakan kombinasi angka, huruf besar dan kecil, serta karakter-karakter aneh untuk password Anda. Disarankan minimal 6 atau 8 karakter lah… Contoh: 9&h0SoN$.
  6. Untuk password yang digunakan dalam aplikasi atau database, gunakan karakter yang aneh. Dulu, saya menggunakan cara ini untuk mem-protect database ms access yang saya gunakan. Jadi, ketika  itu software-software cracker password access database pun tak bisa menebak apa password yang saya gunakan. Hehehe.. Ide bagus kan?

Untuk poin (6), begini caranya. Sederhana banget kok…

  1. Carilah file gambar atau file binary lainnya (bukan file teks), yang ukurannya kecil.
  2. Buka file tersebut dengan notepad
  3. Perhatikan isinya, kopi/salin saja beberapa karakter sebagai password Anda. InsyaAllah itu akan menjadi password yang sangat-sangat kuat.
  4. Simpan password yang Anda pilih dalam file teks dan amankan secara offline. Ingatlah, Anda tidak akan bisa mengetikkan password itu hanya dengan mengetik di keyboard. Anda harus copy dan paste.. Hehe…

Capture-karakter aneh

Lihatlah gambar berikut, saya menggunakan file gambar “libiomp5md.PNG” dan memilih passwordnya “€ÊåÈz—ë¿ý”. Saya yakin, password itu sangat kuat, tetapi tentu kita tidak bisa mengetikkannya dengan keyboard. Makanya, itu hanya cocok untuk kondisi-kondisi tertentu..

Semoga bermanfaat ya…

Cipedes Tengah, 25 April 2013

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s