Alternatif LMS On The Fly

LMS, kita sudah sama-sama tahu: Learning Management System alias sistem pengelolaan pembelajaran. Salah satu yang paling populer adalah Moodle. Namun demikian, secara online dan on the fly (istilah saya untuk menggantikan kata instan, cepat secepat terbang), masih ada alternatif lain untuk menyelenggarakan pembelajaran. Nah, apa saja itu? Di sini tentu saja saya hanya memaparkan yang gratis-gratis…

Satu, Educadium dengan easyCampus-nya. Educadium menyediakan Low-Cost Learning Management. Saking low-cost-nya, Educadium menyediakan paket gratis untuk pengguna sampai 25 orang (peserta belajar). Yang mau mencoba, bisa mengakses http://www.educadium.com/educadium/app/wizard.php?mode=wizard. Saya pun sudah membuat kursus di http://campus.educadium.com/malna yang membahas tentang Malware Analysis. Silakan yang mau bergabung, saat ini saya sedang menyiapkan materinya.

Dua, e-Socrates. Mengusung slogan “free moodle hosting with ethics,” tentu saja e-Socrates menggunakan Moodle sebagai tool-nya. Sayangnya, karena alasan ethics, tidak sembarangan kita bisa membuat course baru. Bahkan, terakhir saya mencoba, request course baru sedang di-disable oleh administrator.

Emmm… apa lagi ya? Itu dulu deh, nanti kalau ada tambahan saya update lagi, insyaAllah..

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s