AppCampus

AppCampus adalah program akselerator aplikasi mobile yang dikelola oleh Universitas Aalto di Espoo, Finlandia. Program ini merupakan investasi patungan antara Microsoft dan Nokia dalam rangka memacu perkembangan aplikasi mobile dengan Windows Phone dan platform Nokia lainnya. Masing-masing perusahaan raksasa itu menggelontorkan dana 9 juta Euro. Jadi, total dana yang disiapkan sebesar 18 juta Euro! Wow…

appcampus

Finlandia, tidak lain adalah sarangnya Nokia. Tak salah jika Universitas Aalto didapuk sebagai penyelenggara program heboh ini untuk tiga tahun ke depan, terhitung sejak Mei 2012 (pas musim semi). Tujuan yang diemban adalah untuk mendorong penciptaan aplikasi mobile yang inovatif pada lingkunan Windows Phone, juga platform Nokia lainnya seperti Symbian dan Series 40.  Oleh karena itu, AppCampus ditujukan untuk menarik ribuan proposal aplikasi dari pelajar dan enterprenur dari seluruh dunia.

Nah, peserta yang berhasil akan mendapatkan hadiah yang bervariasi, dari 20ribu, 50ribu, hingga 70ribu Euro, tergantung kompeksitas aplikasinya. Bayangkan, pada saat tulisan ini saya buat, 20 ribu Euro setara dengan 258 juta rupiah. Sementara 70 ribu Euro setara 9-4 juta rupiah. Ckckck…

Tak hanya itu, AppCampus juga memberikan pelatihan dalam hal teknologi mobile, desain, usabilitas, pembinaan, hingga dukungan pasar. Windows Phone Marketplace dan Nokia Store menawarkan kesempatan agar produk peserta bisa terdistribusi ke konsumen di seluruh dunia.

Pada akhirnya, AppCampus hanya mensyaratkan bahwa aplikasi yang berhasil harus dibuat eksklusif tersedia di Windows Phone Store atau Nokia Store selama 90 hari pertama. Tidak boleh dijual di tempat lain, apalagi dibuat untuk platform lain..

Sumber: http://www.appcampus.fi/about/appcampus

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s