Nginstal Moodle

Ini pengalamanku nginstal moodle di localhost. Caranya sederhana saja, salin semua file moodle ke sebuah folder pada direktori localhost. Setelah itu, bukalah URL dimana file-file moodle tersebut disimpan, misalnya http://localhost/moodleku. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang tertera di layar. Namun demikian, perlu diperhatikan beberapa hal waktu instalasi.

Pastikan bahwa settingan PHP untuk ekstensi Curl PHP dan Open SSL sudah diaktifkan. Caranya hilangkan tanda semicolon (;) di depan ekstensi tersebut,

ekstension curl ekstension openssl

Setelah itu, restart PHP Anda.

Hasil instalasi, dengan ukuran file sebesar 111 MB, ternyata lumayan berat saya rasakan dalam mengatur ini itu dengan level pengguna admin. Selanjutnya, sebagai admin, ini beberapa yang harus dilakukan:

  1. Atur settingan untuk halaman depan, pilih menu Administrasi Situs > Halaman Depan > Frontpage Settings. Settingan ini meliputi judul website serta apa saja yang akan tampil pada halaman muka pengunjung situs moodle.
  2. Agar pengguna dapat melakukan pendaftaran sendiri dengan autentifikasi emailnya, perlu disetting pada Administrasi Situs > Plugins > Pengaturan Otentifikasi. Pada “Self Registration” pilih “otentikasi berdasarkan email”.
  3. Pada localhost, terlebih jika mail server tidak berjalan, proses otentifikasi melalui email tidak akan bekerja. Oleh karena itu, kita perlu mengkonfirmasi pendaftaran secara manual. Silakan konfirmasi di Administrasi Situs > User > Akun > Browse List of Users.

Nah, sekarang saatnya praktik menjadi guru dan murid… 

Cipedes Tengah, 15 Mei 2013. (Baru di-publish bulan Juni)

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s