Ragam Jadwal Imsakiyah Bandung

Sebenarnya imsakiyah tidak ada di zaman nabi. Tapi kini, untuk berjaga-jaga agar tidak kebablasan sahur hingga nabrak waktu subuh, orang-orang membuat jadwal imsakiyah. Saya sekeluarga pun menjadi salah satu yang mengambil manfaat dari jadwal yang dibuat oleh mereka yang ahli dalam hal tersebut.

Iseng-iseng browsing cari jadwal imsakiyah Kota Bandung, saya menemukan beberapa versi yang agak berbeda.

 

Pertama, saya ambil dari Kementrian Agama di http://jabar.kemenag.go.id/file/file/BagianTataUsaha/yxwp1371615310.pdfkemenag

 

Kedua, saya mampir di Rukyatul Hilal Indonesia pada halaman http://www.rukyatulhilal.org/imsakiyah/index.php?id=21

RHI

 

Ketiga, saya kunjungi al-habib.info di http://www.al-habib.info/jadwal-shalat/imsakiyah-ramadhan.htm. Al-habib.info menyajikan aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat jadwal imsakiyah sesuai posisi koordinat wilayah kita di atas muka bumi. Tampilannya seperti ini.

alhabib

 

 

Dan hasilnya bisa didownload menjadi file pdf seperti gambar berikut.alhabib-pdf

 

Jadi, berbeda-beda kan? Beda tipislah…

Dari ketiga jadwal yang beda-beda tipis di atas, saya memilih yang dikeluarkan oleh Rukyatul Hilal Indonesia (RHI). Alasannya sederhana, dari ketiga jadwal tersebut, yang paling mendekati “akhirkan sahur dan segerakan berbuka” adalah jadwal imsakiyah RHI. Hehehehe… Bisa dipertanggungjawabkan kan alasan saya?

Sekian, dan selamat menunaikan ibadah puasa…

Cipedes Tengah, 1 Ramadhan 1434 H (10 Juli 2013)

Pos ini dipublikasikan di Agama, Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

