Perseteruan Antar PHP Framework

Seiring dengan popularitas PHP yang semakin meningkat, semakin banyak pula jago-jago pemrograman yang membuat framework untuk pengembangan aplikasi dengan bahasa PHP. Ada CodeIgniter (CI), Zend Framework, Yii Framework, CakePHP, Lavarel, PHPixie, dan lain-lain. Masalahnya, masing-masing mengklaim bahwa framework-nyalah yang paling baik. Akhirnya, beberapa jagoan pun mencoba melakukan benchmark terhadap masing-masing framework tersebut.

Hasilnya?Sangat-sangat bias. Sebagian membuat benchmark dengan standarnya yang menurut sebagian lain tidak fair. Hal ini dapat dimaklumi karena menurut hemat saya, masing-masing jagoan tersebut tidak menggeluti semua framework yang dibandingkannya.

Hingga saat ini, saya mendapatkan beberapa artikel yang melakukan benchmark. Salah satunya adalah PHPixie dalam blognya di laman http://phpixie.com/blog/php-framework-benchmark/. Pada artikel tersebut dilakukan benchmarking yang salah satunya tanpa dilakukan optimisasi cache.

phpixi

 

 

 

Ada juga artikel lain yang mengklaim bahwa Zend 2 adalah yang paling cepat. Sayangnya, saya lupa alamat website artikel ini. Hehe… Tapi kalau di-googling mungkin ketemu kok.

Selain benchmarking, ada juga yang melakukan survei, framework mana yang paling top. Salah satunya dapat ditemukan di laman ini http://www.zfort.com/blog/top-5-php-frameworks-infographic/. Survei tersebut menempatkan Yii Framework sebagai framework paling top.

Nah, kesimpulannya, framework terbaik adalah framework yang banyak penggunanya, aman, flexible, performanya lumayan, dan yang terpenting adalah kita menguasainya. Di antara kategori yang saya sebutkan tadi, yang paling penting adalah ‘menguasainya’. Jadi, mari kuasai salah satu framework dulu, setelah itu boleh mencicipi framework lainnya. Kalau saya pribadi disuruh memilih, saya memilih Yii Framework. Hihihi….

Cipedes Tengah, 14 Juli 2013 (5 Ramadhan 1434 H)

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s