jVectorMap, plugin jQuery untuk Peta

Namanya jVectorMap. Dari namanya, mungkin kita langsung bisa menebak bahwa benda ini berhubungan dengan peta (map) yang gambarnya berupa vektor, bukan pixel. Memang benar, huruf depan ‘j’ yang disematkan sekadar ingin menunjukkan bahwa jVectorMap adalah sebuah plugin untuk jQuery. Singkatnya, kita bisa memanfaatkan plugin ini untuk menyertai jQuery yang kita gunakan demi menampilkan dan sedikit memanipulasi tampilan sebuah peta berbasis web.

Beberapa fitur yang ditanamkan pada plugin ini adalah:

  • JavaScript-based, berbasis javascript. jVectorMap hanya menggunakan teknologi bawaan browser, seperti JavaScript, CSS, HTML, SVG or VML. Tidak ada Flash atau plugin browser lainnya. Dengan demikian jVectorMap dapat bekerja di semua browser device mobile saat ini. Bahkan jVectorMap juga dapat bekerja baik di IE6-8.
  • Interactivity, interaktivitas. Dengan API yang terdokumentasi baik, kita dapat menangani beberapa event yang dilakukan oleh pengguna terhadap peta, seperti  hover, klik, menampilkan label dan mengkustomisasi jVectorMap.
  • Maps, peta. Tersedia banyak peta dunia, negara-negara, meskipun belum semua tersedia. Hanya peta yang merupakan public domain yang dapat didownload dari website jVectorMap.
  • Converter alias konverter. Paket plug-in jVectorMap menyediakan konverter peta yang ditulis dalam bahasa  Python. Jika kita ingin membuat peta sendiri, konverter ini bisa kita gunakan untuk mengolah file peta kita seperti file shp (file shapefile).
  • Standard compliant, sesuai standar. Untuk identifikasi negara dan daerah, digunakanlah standar ISO-3166. Dengan demikian, kita dapat mudah mem-visualisasi data yang sesuai standarnya dengan ISO tersebut.

Kita bisa mendownloadnya di http://jvectormap.com/download.

 

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s