Learning Itu By Doing

Hari-hari terakhir ini, dan sepertinya tak akan beda dengan hari-hari berikutnya, saya akan berjibaku untuk menyelesaikan tesis. Mau tidak mau, salah satu hal yang harus saya lakukan adalah membuat bahan ajar multimedia. Tidak hanya itu, saya harus melakukan gamifikasi terhadap sistem e-learning yang akan saya gunakan.

Nah, sepertinya saya harus mengasah keterampilan koding, desain, dan sebagainya. Tidak sedikit video tutorial saya download. Namun, kok rasanya masih juga ada yang kurang ketika saya menyimak tutorial-tutorial tersebut. Begitu pula dengan berbagai ebook yang saya miliki, sepertinya kurang greget dalam hal menggenjot kemampuan teknis informatika.

Usut punya usut, ternyata cara paling ampuh untuk belajar, dalam hal ini mengasah kemampuan, adalah dengan learning by doing. Ya, just do it. Tapi tidak sekadar ‘just do it‘. Saya membuat proyek abal-abal, yang secara sederhana saya definisikan dengan tugas mandiri: ‘membuat sistem X.’ Nah, berawal dari situ, langsung saya implementasikan apa yang telah saya dapat dari video tutorial, ebook, dan halaman-halaman website.

Kalaupun pengetahuan saya benar-benar nol, saya menggunakan prinsipnya pak Richard Mayer, yakni pre-training. Hehe, maksudnya saya tetap perlu belajar dasar-dasar yang dasar banget dari suatu konsep. Begitulah seterusnya, learning itu by doing. Belajar itu harus sambil praktik. Titik!

Cipedes Tengah, menjelang sahur hari ke 15 Ramadhan 1434 H

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Learning Itu By Doing

  1. Ping balik: Kembali ke Flash? | Di sini Cisini, di situ Cisitu

  2. Ping balik: Learning by Project | Di sini Cisini, di situ Cisitu

Tinggalkan Balasan

