Kalimat-Kalimat Percakapan Bahasa Inggris

Untuk membantu menumbuhkan ke-pede-an dalam bercakap-cakap dengan bahasa Inggris, ada baiknya di sini saya cantumkan kalimat-kalimat yang umum dipakai. Seperti biasa, saya mengoleksinya dari berbagai sumber di internet. Harap maklum lah, bahasa Inggris saya masih level beginner, hehe..

Request a help

  1. Would you please hold the door open for me?
    Maukah kamu memegang pintunya biar terbuka buat saya?
  2. You’re very kind to take the trouble to help me.
    Kamu baik hati sekali bersusah-payah untuk menolong saya.
  3. I wish I could repay you somehow for your kindness.
    Saya ingin saya bisa membalas kamu atas kebaikan hati kamu entah bagaimana caranya.
  4. I’m afraid it it was a bother for you to do this.
    Saya khawatir kamu terganggu melakukan ini.
  5. It wasn’t any bother. I was glad to do it.
    Tidak ada kerepotan apa-apa. Saya senang melakukannya.
  6. There’s just one last favor I need to ask of you.
    Ada satu saja pertolongan terakhir yang perlu saya mintakan dari kamu.
  7. I’d be happy to help you in any way I can.
    Saya senang menolong kamu sedapat mungkin.
  8. Would you mind giving me a push? My car has stalled.
    Tolong dorong, ya? Mobil saya mogok.
  9. Would you be so kind as to open this window for me? It’s stuck.
    Maukah kamu membukakan saya jendela ini? Jendelanya macet.
  10. If there’s anything else I can do, please let me know.
    Jika ada sesuatu lainnya yang bisa saya lakukan, tolong beritahu saya.
  11. This is the last time I’ll ever ask you to do anything for me.
    Ini adalah yang terakhir kali saya minta kamu berbuat sesuatunya untuk saya.
  12. I certainly didn’t intend to cause you so much inconvenience.
    Saya tentunya tidak bermaksud menimbulkan begitu banyak ketidak-enakan bagimu.
  13. He’ll always be indebted to you for what you’ve done.
    Ia akan selalu berhutang budi padamu atas apa yang telah kamu lakukan.
  14. Could you lend me ten dollars? I left my wallet at home.
    Apa kiranya kamu bisa pinjamkan saya sepuluh dolar? Dompet saya ketinggalan di rumah.
  15. I’d appriciate it if you would turn out the lights. I’m sleepy.
    Saya berterima kasih jika kamu mau mematikan lampu-lampunya. Saya mengantuk.

Around Speaking and Language

  1. Do you speak English?
    Apakah kamu paham berbahasa Inggris?
  2. Yes, a little.
    Ya, sedikit-sedikit.
  3. Does your friend speak English?
    Apakah teman kamu paham berbahasa Inggris?
  4. Yes, he speaks English perfectly.
    Ya, dia berbahasa Inggris dengan sempurna.
  5. What’s his native language?
    Apa bahasa aslinya?
  6. I don’t know what his native language is.
    Saya tidak tahu apa bahasa aslinya.
  7. How many languages do you speak?
    Kamu paham/bicara berapa bahasa?
  8. My friend reads and writes several languages.
    Teman saya membaca dan menulis dalam beberapa bahasa.
  9. How well do you know French?
    Sampai seberapa pandainya kamu berbahasa Perancis?
  10. He speaks French with an American accent.
    Dia berbahasa Perancis dengan logat Amerika.
  11. My parents speak English fluently.
    Orang tua saya dua-duanya lancar berbahasa Inggris
  12. Mr. Jones can read French pretty well.
    Tuan Jones dapat membaca bahasa Perancis baik sekali.
  13. Sometime I make mistakes when I speak English.
    Kadang-kadang saya membuat kesalahan bilamana saya berbicara dalam bahasa Inggris.
  14. I have a lot of trouble with pronunciation.
    Saya banyak kesulitan dengan ucapan.
  15. How is her accent in French?
    Bagaimana logatnya dalam berbahasa Perancis.

Opinion

  1. I think ………
  2. The way I see it ……..
  3. It’s fairly certain that ……….
  4. in my opinion …….
  5. As far as I’m concerned ………..
  6. I’m convinced that ………….
  7. I’d like to ………..
  8. If it were up to me ……….
  9. I honestly fell that ………….
  10. I’d rather …………..
  11. I supposed …..
  12. I’d prefer ………….
  13. I suspect that ……
  14. I strongly believe that …….
  15. I’m pretty sure that …………
  16. Without a doubt …………..

Disagreeing

  1. I don’t think that……………………
  2. I’m afraid I don’t agree ………..
  3. Frankly, I doubt if ………………
  4. I don’t agree ……………….
  5. I’d prefer …………………..
  6. The truth of the matter is ………………
  7. But what about ……………….
  8. Let’s face it,…
  9. I don’t you think it would be better ……..
  10. Shouldn’t we consider ………………………
  11. The problem with your point of view is that ….

Telling Time

  1. What time is it?
    Jam berapa sekarang?
  2. It’s two o’clock.
    Sekarang jam dua.
  3. It’s a few minutes after two.
    Sekarang jam dua lewat beberapa menit.
  4. My watch is fast and your watch is slow.
    Jam saya cepat dan jam kamu lambat.
  5. Excuse me, can you tell me the correct time?
    Maaf, dapatkah kamu mengatakan pada saya waktu yang tepat?
  6. I don’t know what time it is. 
  7. Saya tidak tahu ini jam berapa.
  8. I don’t think it’s four o’clock yet.
    Saya kira sekarang masih belum jam empat.
  9. It must be about three thirty.
    Sekarang tentu sekitar jam tiga tiga puluh.
  10. I get up before six o’clock every day.
    Saya bangun sebelum jam enam setiap hari.
  11. The restaurant doesn’t open until seven forty-five.
    Restoran itu tidak buka sebelum jam tujuh empat puluh lima.
  12. Will you be here at ten o’clock tomorrow?
    Apakah kamu akan ada disini besok jam sepuluh?
  13. We’ll be on time, won’t we?
    Kita akan tepat waktu, kan?

Giving Advice

  1. If you want my advice, I don’t think you should go.
    Jika kamu ingin nasehat saya, saya kira kamu tidak harus pergi.
  2. I suggest that you tear up the letter and start over again.
    Saya sarankan supaya kamu menyobek-nyobek surat itu dan memulainya lagi kembali.
  3. It’s only a suggestion, and you can do that you please.
    Itu hanya suatu saran, dan kamu dapat saja berbuat sesuka hatimu.
  4. Let me give you a little fatherly advice.
    Mari saya beri kamu nasehat kebapaan.
  5. If you don’t like it, I wish you would say so.
    Jika kamu tidak menyukainya, saya ingin kamu katakan saja begitu.
  6. Please don’t take offense, I only wanted to tell you what I think.
    Harap kamu jangan tersinggung, saya hanya ingin mengatakan padamu apa yang saya pikirkan.
  7. In my opinion, the house isn’t worth the price they’re asking.
    Menurut pendapat saya, nilai rumah itu kurang dari harga yang mereka minta.
  8. My feeling is that you ought to stay home tonight.
    Perasaan saya mengatakan bahwa kamu harusnya di rumah saja malam ini.
  9. It’s none of my business, but I think you ought to work harder.
    Sama sekali bukan urusan saya, tapi saya kira kamu harusnya bekerja lebih keras lagi.
  10. In general, my reaction is favorable.
    Pada umumnya, tanggapan saya diterima baik.
  11. If you don’t take my advice, you’ll be sorry.
    Jika kamu tidak terima nasehat saya, kamu akan menyesal.
  12. I’ve always tried not to interfere in your affairs.
    Saya sudah selalu berusaha tidak campur tangan dalam permasalahan kamu.
  13. I’m old enough to make up my own mind.
    Saya cukup dewasa/tua untuk menentukan sendiri pendirian saya.
  14. Thanks for the advice, but this is something I have to figure out myself.
    Terima kasih atas nasehatnya, tapi ini adalah sesuatu yang saya sendiri harus mengkajinya.
  15. He won’t pay attention to anybody. You’re just wasting your breath.
    Dia tak menghiraukan seorang pun. Sia-sia saja kamu bicara.

Sumber [copas]:

Pos ini dipublikasikan di Bahasa dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Kalimat-Kalimat Percakapan Bahasa Inggris

  1. engkresenglish berkata:

    Beginner saja sudah seperti ini, apalagi kalo sudah mahir. Salut buat Anda.

  2. wisnurdi berkata:

    Wkwk, bisa aja.. Oiya, blognya sampeyan nyleneh. Unik… pake boso jowo.. Hehe..

Tinggalkan Balasan

