Aliran Blogging

Di era digdayanya internet seperti sekarang, sangat banyak orang di dunia ini yang suka membuat blog. Dari sekian banyak penyuka itu, hanya sedikit yang benar-benar menulis untuk blognya. Dari yang sedikit benar-benar menulis itu, sangat sedikit yang kemudian menekuni kegiatan blogging. Dari yang sangat sedikit itu, hanya sedikit yang benar-benar menjadi blogger. Dari sedikit blogger itu, hanya sedikit sekali yang tulisannya bermanfaat dan menginspirasi.

Paragraf di atas seperti mantra saja ya. Kenapa bisa begitu, ada sebabnya. Dengan mengetahui sebab ini, kita dapat dengan mudah memahami mantra di atas.
Sebabnya adalah adanya aliran dalam blogging yang dalam kenyataannya mengalir sendiri-sendiri, tanpa ada koordinator, apalagi pemimpin aliran. Aliran-aliran tersebutlah yang kemudian membuat kenyataan eksis tidaknya dan berkualitas tidaknya sebuah blog.

Aliran pertama adalah aliran ABG (Asal Blogging, Gan!). Mereka sekedar mencipta alamat URL yang menurutnya menarik dan berharap di kemudian hari bisa menulis blog di situ. Akhirnya harapan itu tinggal harapan. Entah karena yang empunya tidak dapat jatah koneksi internet, atau memang tidak ada hasrat lagi. Yang lebih parah, yang empunya tidak ingat lagi username dan password untuk bisa menulis di blognya.

Aliran kedua adalah aliran Copas Blog. Dari namanya, copas (copy paste), pokonya penulis harus mengisi blognya tak peduli dia harus copas atau tidak. Yang lebih kreatif, bisa mensiasatinya dengan mentranslasikannya ke bahasa Inggris terlebih dahulu melalui jasa google translate atau microsoft bing. Jadi,kesannya lebih orisinil.

Aliran ketiga aliran gila SEO. Kelompok aliran ini biasanya memanfaatkan sebuah berita yang sedang trending dengan melakukan penetrasi berupa banyak kata kunci di blognya. Walhasil, entah nyambung atau tidak antara judul dengan isi tulisannya, blog jenis ini banyak dikunjungi orang. Sayangnya, sebagian besar pengunjung kesal di dalam hati karena merasa kesasar. Hehe.. Ambil contoh saja, ada tulisan bloger yang judulnya “Download full perahu kertas II.” Eh, setelah kita menengok isi artikelnya, lhadalah… Ternyata disebutkan ‘belum ada link donwloadnya…’

Aliran keempat adalah aliran ahli yang baik hati. Blogger ini mencintai dunia yang dia tekuni. Ada dua kelompok lagi dalam aliran ini, yakni kelompok teknisi dan kelompok praktisi. Kelompok teknisi adalah mereka yang berkutat dengan hal-hal teknis dalam pekerjaanya. Walhasil, berbagai hal baru dalam praktik keilmuannya, dia tuliskan ke dalam blognya. Dia sharing ilmu pengetahuan dan pengalamannya mengoprek sesuatu dalam blognya. Bukankah ini baik hati? Biasanya aliran ini diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa yang kesehariannya memang belajar.

Sedangkan kelompok praktisi adalah kelompok blogger sibuk. Blogger kelompok ini mensiasati kegiatan bloggingnya pada hari-hari tertentu dalam seminggu. Biasanya, blogger ini benar-benar orang sibuk yang memiliki keahlian tertentu. Reputasi di bidangnya pun diperhitungkan, makanya tidak heran kalau benar-benar sibuk. Tulisannya pun berkualitas, disertai beberapa sitasi dari berbagai sumber. Contohnya adalah mas Yodhia Antariksa, MSc yang menggawangi strategimanajemen.net. Setiap senin beliau membuat satu tulisan yang biasanya menjadi bahan diskusi para pembacanya dalam waktu seminggu kedepan.

Aliran kelima adalah aliran blogger aktif inspiratif. Blogger aliran ini, meskipun ditengah kesibukannya yang luar biasa, menyempatkan diri untuk menulis blog. Biasanya blogger aliran ini sangat kaya ide. Menulis blog setiap hari tidaklah menjadi beban, bahkan seakan menjadi kebutuhan. Mereka dalam kesehariannya sudah terbiasa menjadi inspirator bagi orang sekitarnya. Bisa jadi karena profesi mereka berkaitan dengan ide, seperti dosen atau motivator. Tidak percaya? Tengoklah blognya Dr. Budi Rahardjo dosen saya di rahard.wordpress.com atau blognya inspirator maya saya, www.jamilazzaini.com.

Dalam kenyataannya, seorang penulis blog bisa mengikuti aliran yang berbeda-beda. Silakan, Anda mau pilih yang mana..

NB. Mohon maaf bila ada yang tersinggung, tulisan di atas hanya pendapat pribadi saya.

Ditulis di Perpustakaan ITB, 4 Februari 2013. Baru di-publish hari ini, hehe…

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Aliran Blogging

  1. Ping balik: Blogger Bales Dendam | Di sini Cisini, di situ Cisitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s