Evaluasi Desain Website dengan Bijak

Dahulu, waktu kuliah, pernah suatu ketika kami ditugasi untuk mengevaluasi atau mengulas tentang sebuah website. Ya, waktu itu kami hanya mengandalkan opini-opini yang subjektif, baik terkait desain maupun performa. Delapan tahun berlalu sudah. Kini, untuk menganalisis sebuah website kita sangat terbantu dengan kehadiran berbagai tool, baik online atau tidak, yang sangat objektif memberikan hasil komparasi antara satu website dengan yang lainnya.

Desain web yang bagus memiliki karakter sangat memudahkan pengunjungnya untuk melakukan penjelajahan dan navigasi. Oleh karena itu, jika website sulit dipahami dan bahkan lambat akses, tentu saja website tersebut akan ditinggalkan, cepat atau lambat. Jadi, desain sangat mempengaruhi pengalaman pengguna, juga memberi efek pemrosesan yang cepat atau lama. Siapapun  di dunia ini pasti senang dengan pelayanan yang singat, sederhana, dan memuaskan. Sebagai pengembang website, tentu kita harus menilai dulu website kita sebelum menilai website orang lain.

Jika demikian, kita perlu peralatan, apapun bentuknya, yang bisa secara mudah kita gunakan untuk mengukur nilai atau kualitas website yang kita desain. Tidak hanya menilai, bahkan kadang beberapa tool tersebut dapat memberi saran bagaimana mengoptimalkan desain website kita. Berikut adalah daftar tool-tool untuk mengevaluasi web kita dengan bijak..

Google Analytics

Google Analytics sangat mudah digunakan. Tanpa ba-bi-ba, semua pengunjung pasti bisa menggunakannya. Inilah tool yang paling populer dan paling banyak digunakan sebagai alat untuk analisis website hingga saat ini. Dengan tool ini kita bisa mendapatkan informasi tentang performa website kita. Ada yang namanya fitur Site Overlay yang memungkinkan kita mengetahui dimana mayoritas pengunjung kita berasal. Tak hanya itu, Google Analytics juga memberi informasi yang sangat banyak, termasuk dari page atau halaman mana pengunjung Anda meninggalkan web Anda.

Crazy Egg

Crazy Egg menyediakan tool yang banyak untuk membantu memvisualisasikan tentang apa yang pengunjung lakukan dengan website kita. Ada fitur utama yang diberikan, yaitu:

Confetti : Dengan tool ini kita bisa melihat dimana pengunjung mengklik webpage kita berikut OS mereka dan lokasi geografisnya.
Overlay : Tool ini memberik banyak informasi tentang link-link khusus dan kita bisa sharing informasi dengan tim atau klien. Jika kita menggunakan versi gratisnya, kita hanya bisa men-track empat page. Jadi, kalau kita pakai gratisan, pastikan track halaman-halaman favorit saja,🙂

Cuzillion

Kita bisa melihat bagaimana komponen-komponen halaman website saling berinteraksi. Informasi ini membantu kita mengecek, menguji, serta memodifikasi halaman web sebelum memfinalisasikan strukturnya. Tool ini juga memberitahu tempat-tempat masalah potensial yang perlu pembenahan. Tool ini dibuat oleh Steve Saunders, Kepala bagian Kinerja di Yahoo! dan sekarang katanya kerja di Google.

YSlow for Firebug

Tool ini merupakan plugin firefox yang bisa memberikan infrmasi tentang kinerja website kita, menyangkut waktu loading dan kecepatan. Kita ada diberi nilai antara A sampai F dan diberitahu dimana masalahnya. Tool ini didasarkan pada  Yahoo! Developer Networks “Best Practices for Speeding Up Your Web Site”  yang ditulis oleh Steve Saunders, yang juga membuat Cuzzilion.

ClickHeat

Tool ini dapat menunjukkan dimana bagian yang hot atau beku dari situs web kita. Kita dapat melihat titik-titik dimana pengunjung sering klik dan mana yang paling tidak digubris. Kita dapat memanfaatkannya untuk website kita dengan hanya menghubungkan ke file javascript eksternal.

Clickdensity

Banyak tipe analisis disediakan oleh tool ini.  Heat Maps dapat digunakan untuk menunjukkan dimana pengunjung paling sering melakukan aktivitas klik. Hover map dapat digunakan untuk mencari link mana yang hanya dilalui (di-hover) oleh pengunjung, tapi tidak di-klik. A/B Test memungkinkan kita untuk mengubah elemen halaman khusus utnuk dilihat dimana desainnya lebih efektif. Dengan langganan jenis gratisan, Anda dapat 5000 klik dan satu page dan satu situs untuk digunakan sebagai alat monitor.

Fiddler 2

Tool ini berupa tool HTTP berbasis browser. Dengannya kita dapat men-debug kode HTMl serta membantu menganalisis lalu lintas data ke atau dari website kita. Lumayan banyak fitur debug serta laporan disediakan oleh tool ini. Informasi lengkap dapat Anda baca di “Fiddler PowerToy – Part 2: HTTP Performance”  yang merupakan panduan di MSDN yang berisi seputar penggunaan Fiddle, seperti bagaimana meningkatkan performa “kunjungan pertama” (yakni cache pertama), atau analisis header respon HTTP, serta membuat flag khusus untuk kasus-kasus kinerja yang potensial.

ClickTale

Dengan tool ini, kita dapat melihat bagaimana pengunjung berkelakuan di website kita. Berbagai informasi seputar pengunjung bisa kita peroleh, semisal berapa lama waktu yang dibutuhkan pengunjung hingga dia mengklik sebuah link, dan sebagainya. Laporan yang disajikan lengkap dengan harapan agar Anda bisa menjadikan  desainnya lebih baik lagi.

Clicky

Clicky menawarkan fitur tracking dan monitoring, yang terkenal dengan istilah Spy (memata-matai). Selain itu, Clicky juga mampu memberikan data analitis seperti mana saja yang di-klik oleh pengunjung Anda, dan sebagainya.

Firebug

Jika Anda menggunakan browser firefox, tool ini sangat powerful. Firebug dapat melakukan debug, test, serta analisis web kita. Fiturnya banya sekali, hingga dengan mudah kita memahami struktur dan cara kerja website kita. Salah satu fitur yang bagus adalah tab “Net” (network) dimana kita bisa memeriksa HTML, CSS, XHR, serta komponen-komponen javascript.

Sumber: http://smashinghub.com/10-amazing-useful-tools-to-evaluate-your-web-design.htm

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s