Belajar di BDV

Ada yang belum tahu apa itu BDV? BDV singkatan dari Bandung Digital Valley, yakni sebuah nama sebagai tempat inkubator startup lokal dari Indonesia, khususnya Bandung. Gak percaya? Simak aja di webnya langsung di http://bandungdigitalvalley.com/Home.

Baru saja ini saya mengikuti lagi salah satu kegiatannya, yakni Tech In Asia: Bandung Meet up. Acaranya berupa presentasi dan diskusi, serta terakhir meet up alias ketemuan dan ngobrol bareng. Yang terakhir ini saya ndak ikut, karena harus check out menuju Ganesha.. Wkwkwk… #sok!

Topik pertama mengenai SAP. SAP ini mungkin saja singkatan dari Systems, Applications, and Products. Tapi yang jelas, SAP ini nama sebuah perusahaan.

SAP is the world leader in enterprise applications in terms of software and software-related service revenue. Based on market capitalization, we are the world’s third largest independent software manufacturer. Browse company facts and information below. (http://www36.sap.com/corporate-en/our-company/index.epx)

Nah, gitu deh. Menurut teman saya, SAP menyediakan layanan aplikasi semacam ERP. Apa itu ERP? Gugling aja dulu deh.. Pakai saja  keyword ERP atau Enterprise Resource Planning. Konon, aplikasi ini bisa dipakai untuk mengintegrasikan semua data dan semua proses milik perusahaan sehingga hanya ada satu aplikasi. Canggih ya.. Pasti harganya mahal.. Selengkapnya cari referensi di internet ya… Hehe..

Kembali ke SAP.. Duh saya tadi nggak ikut paparan materi ini, jadi ya nggak bisa saya tulis di sini. Maaf ya..

Pemaparan berikutnya dari pihak Indosat. Salah satu poin yang saya tangkap adalah tentang kompetisi IWIC yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketujuh. IWIC singkatan dari Indosat Wireless Innovation Contest. Jadi, Indosat membuat kompetisi inovasi ini sebagai bentuk CSR-nya. Kalau mau ikut kompetisinya masih ada kesempatan kok, masih dibuka hingga tanggal 30 September 2013. Simak selengkapnya di http://iwic7.indosat.com/about.php.

Berikutnya presentasi dari Microsoft. Menurut saya, pemaparan dari pak Norman tentang berbagai teknologi dari Microsoft beserta fasilitasnya bagus banget. Intinya, beberapa pelajaran bisa didalami lagi, tentunya dengan mengeksplorasi beberapa alamat website berikut:

Oiya, tadi beliau juga menyinggung sedikit tentang mendevelop aplikasi windows phone. Pesannya, jangan lupa lakukan WACK secara lokal melalui aplikasi visual studio. WACK singkatan dari Windows App Certification Kit. Jika secara lokal saja sertifikasi ini gagal apalagi setelah di-submit ke Windows AppStore. Hal pertama yang dilakukan oleh pihak Microsoft ketika aplikasi  Anda di-submit adalah ya WACK ini… Sepertinya lebih jelas kalau Anda membaca langsung penjelasannya di http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/apps/jj572486.aspx.

Topik selanjutnya disampaikan oleh mas Hiro dari Cyrus Pad. Beliau bicara tentang indoBooks serta berbagai strategi bundling dengan devices milik Cyrus. Beliau juga cerita tentang webnya selaluada.com. Beliau ini pula yang bikin aplikasi Bima Tri, yang merupakan aplikasi milik operator seluler Tri.

Terakhir, topik yang dibawakan oleh Telkomsel, intinya bicara tentang upaya Telkomsel membantu memasarkan produk-produk yang dibuat oleh startup lokal. Upayanya adalah membuat program yang namanya Temandev. Silakan buka di http://telkomsel.com/temandev. Silakan pelajari sendiri apa isinya.

Yup, itulah acara belajar di BDV hari ini. Semoga bermanfaat!

5 September 2013.
Salam, dari Ganesha 10.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s