Prinsip Desain menurut Microsoft

Tulisan ini saya ambil dari websitenya Microsoft. Sepertinya menarik, karena topiknya tentang desain, prinsip pula. Seperti kita tahu, kalau menyebut kata prinsip, biasanya hal tersebut hampir-hampir menjadi sebuah harga mati. Alias tidak bisa ditawar. Nah, sekarang, apa saja prinsip-prinsip desain yang baik menurut Microsoft?

Prinsip-prinsip yang akan dibahas di sini berkaitan dengan prinsip desain sebuah aplikasi khsususnya aplikasi mobile. Ada lima prinsip yang harus sebaiknya Anda pegang jika mendesain aplikasi mobile di Windows Phone.

1. Pride in craftmanship (harus pakai bangga dalam mengerjakannya)

Anda harus mencurahkan waktu dan tenaga untuk hal-hal detil terutama pada bagian yang sering dilihat orang. Rancanglah experience atau pengalaman yang komplet dan halus.

2. Be fast and fluid (usahakan aplikasinya cepat dan mengalir)

Biarkan orang berinteraksi langsung dengan konten dan merespon dengan cepat. Berikan kehidupan pada rancangan experience aplikasi, buat perasaan berkelanjutan, dan gunakan gerakan yang bermakna.
Let people interact directly with content and respond to actions quickly with matching energy. Bring life to the experience, create a sense of continuity, and tell a story through meaningful use of motion.

3. Authentically digital (Sungguh-sungguh digital)

Manfaatkan media digital sepenuhnya. Buang batasan fisik untuk membuat experience yang lebih efisien dan mudah dibanding dalam alam nyata. Desain dengan berani, gunakan warna-warna tajam dan cerah, serta gambar-gambar yang melampaui apa yang ada di dunia nyata ini.

4. Do more with less (Lakukan lebih dengan sedikit)

Buatlah experience yang bersih dan bermakna dengan cara hanya menggunakan elemen-elemen yang paling relevan pada layar. Upayakan orang larut pada apa yang mereka sukai dan mereka hampir pasti akan mengeksplorasi bagian-bagian yang lain.

5. Win as one (Menang sebagai suatu integrasi)

Cobalah berinteraksi dengan aplikasi, perangkat, dan sistem lainnya untuk membuat skenario yang lengkap bagi para pengguna. Paskan dalam model UI untuk menghindari redundansi. Manfaatkan apa yang telah diketahui orang untuk menghadirkan rasa familiar, kontrol, serta percaya diri.

That’s all, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada salah kata.. Maklum, terjemahan newbie.. Hehe..

Sumber: http://msdn.microsoft.com/en-US/windows/apps/hh779072

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s