Save for Web untuk GIMP

Logo GimpBagi Anda yang biasa menggunakan Photoshop, barangkali salah satu fungsi yang sering Anda pakai adalah Save for Web. Fungsi ini tujuannya untuk membuat sebuah output gambar menjadi optimal untuk digunakan pada sebuah web. Optimal di sini berarti bahwa ukuran file-nya kecil, tetapi dengan mempertahankan kualitas yang secara kasat mata masih bisa diterima. Namun, ternyata, ketika saya mencoba beralih ke GIMP, fungsi ini tidak tersedia. Duh, betapa gundahnya saya.

Ternyata, GIMP secara default memang tidak memiliki fitur tersebut, tetapi masih dimungkinkan dengan adanya fasilitas plug-ins. Dan alhamdulillaah, plug in untuk ‘save for web’ ternyata ada. Saya mengunduhnya di website GIMP Plugin Registry. Nama plugin-nya adalah “save for web.”

save for web

Silakan download plugin tersebut. Selanjutnya ekstrak file zip (hasil download) dan taruhlah file dari hasil ekstrak tadi yang bernama webexport.exe ke folder plugin yang mungkin terletak di folder C:\Program Files\GIMP 2\lib\gimp\2.0\plug-ins pada komputer Windows Anda.

Jika GIMP Anda sedang terbuka, tutuplah aplikasi dan jalankan kembali alias restart aplikasi GIMP Anda. Perhatikan perubahan pada menu ‘File’ seperti pada gambar di bawah ini.

Perubahan menu 'File'

Perubahan menu ‘File’ sebelum dan sesudah ditambahkan plugin ‘Save for Web’

Dengan memanfaatkan plug-in tersebut, Anda dapat melakukan optimasi pada file gambar yang akan diupload di web. Inilah tampilan dialog plugin ‘Save for Web.’

Window dialog plugin

Window dialog plugin

Ok, selamat mencoba…

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Save for Web untuk GIMP

  1. Ping balik: Paket Ekstensi GIMP Khusus Windows | Di sini Cisini, di situ Cisitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s