Ijazah Aspal, Wajah Pendidikan Kita

Berawal dari kekagetan saya ketika menemukan sebuah page facebook yang membuka jasa melayani pengurusan ijazah, akhirnya saya men-share-nya di laman facebook saya. Eh, ternyata tidak sedikit tanggapan dari teman-teman yang rupanya mereka juga kaget. Bagaimana tidak, iklannya saja berbunyi begini:

ANDA BUTUH IJAZAH SMA,D3,S1,S2 YANG ASLI DAN TERDAFTAR DI SEKOLAH, KOPERTIS & KAMPUS ???
KITA BISA MEMBANTU ANDA DAPATKAN IJAZAH YANG ASLI DAN TERDAFTAR !!!
Program Kuliah Kilat menjaminkan Ijazah SMA, S1, S2, Akta IV & TOEFL dengan cepat! Kuliah Kilat! Ijazah Instan! Ijazah dari PTS/PTN yang ter-AKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)….. IJAZAH DIJAMIN TERDAFTAR DI KOPERTIS & UNIVERSITAS. Bisa dapatkan Ijazah D3,S1,S2 yang asli dan terdaftar di kampus dan kopertis!

jasa pengurusan ijazah

Pada laman facebook-nya dicantumkan dua buah nomor telepon yang bisa dihubungi. Wow, gumam saya. Nomor pertama saya hubungi, tidak aktif. Nomor kedua saya coba hubungi, dan ternyata aktif! Apakah sudah seberani ini orang Indonesia menggelar lapak terbuka untuk sebuah pemalsuan dokumen kependidikan? Bukankah dengan mengiklankan diri seperti ini berarti memproklamasikan diri bahwa usahanya eksis dan direstui di republik ini? Duh, Gusti

Saya penasaran, apakah usaha itu benar-benar nyata dan merespon siapa saja yang berminat pada ijazah palsu? Saya pun membuka percakapan dengan salah satu nomor yang masih aktif tersebut. Tentu saja melalui sms. Dan, isinya mencengangkan. Setidaknya untuk saya sendiri. Melihat kenyataan di depan mata saya seperti itu, rasanya antara percaya dan tidak. Saya tidak melakukan investigasi apa pun untuk memeriksa kebenarannya. Karena memang bukan urusan saya untuk melakukan investigasi.

ahliurusijazah1 ahliurusijazah2

Itulah salah satu sisi dari wajah pendidikan di Republik tercinta ini. Di satu sisi ada orang yang ‘mandi keringat’ hingga ‘menangis darah’ karena harus memeras otak dan tenaga, mengorbankan waktu, serta menggelontorkan uang yang tidak sedikit demi menyelesaikan riset dan studinya. Namun, di sisi lain ada orang yang menjual jasa mengganti ritual-ritual itu dengan imbalan recehan yang tidak berkah. Oh, Indonesia…

Majulah pendidikan Indonesia! Berantas ijazah palsu!

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

