Faktor Fun untuk Hasil yang Lebih Baik

Rabu kemarin, tanpa direncanakan sebelumnya, mengikuti sebuah sesi seminar gratis dari Indonesia Digital Media Forum yang diadakan ITB dari tanggal 26 s.d. 28 November. Topik yang dibahas adalah tentang Serious Game. Dalam bahasa Indonesia mungkin cocok diterjemahkan dengan ‘permainan serius’. Mungkin, sekali lagi mungkin. Serious game kalau boleh saya simpulkan merupakan bentuk permainan yang memiliki tujuan serius alias tidak sekadar menghibur (entertain). 

Namun, fokus tulisan saya kali ini bukan pada serious game-nya, tetapi lebih kepada salah satu faktor dalam sebuah game atau permainan. Ya, faktor itu adalah fun atau kesenangan. Pada seminar tersebut ditampilkan beberapa buah video yang bercerita tentang kesenangan ini.

Tentang tangga yang bisa mengeluarkan suara piano jika diinjak. Judulnya “Piano staircase“. Ceritanya, orang-orang ingin diubah perilakunya dari menggunakan eskalator (tangga berjalan) menjadi menggunakan tangga statis. Padahal eskalator dibuat dengan prioritas untuk mereka yang lemah, yang kecapaian, yang sudah tua, dan sebagainya.

Tentang membangkitkan perilaku buang sampah pada tempatnya. Judulnya “The World’s Deepest Bin” alias tempat sampah paling dalam sedunia. Silakan disimak, ndak asik kalau saya ceritakan di sini.

Mereka, yang membuat video tersebut, mempercayai bahwa cara paling mudah untuk mengubah perilaku orang menjadi lebih baik adalah dengan membuatnya menyenangkan untuk dilakukan. Mereka menyebutnya dengan teori kesenangan (fun theory), yang bisa dilihat lebih lengkap di website mereka di http://www.thefuntheory.com.

Dan, yang lebih menarik lagi, sepertinya saya harus menimba ilmu dari teori kesenangan ini. Bagaimanapun, tesis saya juga ada benang merahnya dengan fun theory, yakni gamifikasi.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s