Jatuh Cinta pada LyX

intro[1]Semester yang lalu, saya sempat sebentar berkenalan dengan LyX. Oiya, kenalkan dulu: LyX adalah prosesor kata yang menurut saya pada awalnya lahir untuk meng-GUI-kan LaTex. Jadi gini ceritanya, saya membuat banyak tulisan, entah itu tugas kuliah ataupun tesis, menggunakan Microsoft Word. Eh, kok belakangan ternyata ms Word saya banyak menemui error. Ada tombol delete yang tiba-tiba tidak berfungsi-lah, ada juga penomoran yang tiba-tiba hilang tampilannya. Berubah hitam… Ih, sereem.. Padahal, deadline tesis sudah di ambang mata. Dan, teringatlah saya kepada si LyX. Saya coba-coba lagi, sepertinya semua fitur yang ada di Windows dia miliki, kecuali satu. Apa itu? WYSIWIG. What you see is what you get. Tapi sepertinya saya tidak membutuhkan itu saat ini. Saya perlu performa, dan tentu saya saya ingin fitur WYGIMWYE. Hehe…

Bercanda kok, itu cuma istilah saya saja. Kepanjangannya adalah What You Get Is More than What You Expect.. Apa yang Anda lihat lebih dari apa yang Anda harapkan. Maaf kalau saya berlebihan. Entahlah, mungkin begitulah kalau orang jatuh cinta: memandang berlebihan pada apa yang dicintainya. Haha, meskipun itu hanya sekadar software… Hihi, nyengir dulu..

Namun, untuk saat ini status saya masih sangat pemula. Untungnya, banyak sekali di belantara internet ini orang-orang yang baik hati. Nah, untuk sementara waktu, saya beri saja link-link yang semoga bisa membantu:

Selain link di atas, masih banyak link yang menceritakan tentang how-to berkaitan dengan LyX. Sekian dulu untuk hari ini, yang penting untuk saat ini saya sudah bisa ngatur bibliografi-nya. Tentu saja dibantu dengan software hebat bernama ‘Mendeley.’ Oiya, untuk bro yang satu ini kapan-kapan diulasnya. Pokoknya hebat dia itu..

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

