Ngoding Itu Mbentuk Logika

Terserah, Anda setuju atau tidak dengan judul saya pada postingan kali ini. Semoga tidak menimbulkan kontroversi, apalagi setelah beberapa waktu belakangan ini saya jarang ngeblog. Begitulah menurut hemat saya, ngoding itu membentuk logika. Ya, di dalam proses ngoding itu ada aktivitas yang memeras otak. Makanya jangan heran kalau orang yang tidak pernah sekolah di dunia informatika, ternyata juga jago koding. Kok bisa?

Ya, karena ngoding itu bukan monopoli orang-orang informatika. Ngoding monopoli orang-orang yang memainkan logikanya, kemudian ternyata menghasilkan sesuatu. Biarpun dia orang ekonomi, orang sosial, asalkan dia memakai logikanya, insyaAllah ngoding itu ibarat ngupil. Artinya, harus ada gerakan jari (baca: ngetik), ngrogoh (baca: googling, stack-overflowing, dsb), sungguh-sungguh, dan tabah menahan sakit (baca: rela begadang sekali waktu). Haha, analoginya kok jorok ya? Gpp, manusia tidak bisa lepas dari jorok, hanya saja kali ini saya mengungkapkan salah satunya. Jorok tapi tidak vulgar.

Ngoding itu sejatinya seperti olah raga, mirip-mirip dengan main catur. Atau main teka-teki. Tapi, saya rasa lebih dari itu. Dalam ngoding kita dilatih untuk memecahkan banyak jalan buntu. Caranya pun tidak hanya satu cara penyelesaian. Itulah mengapa ngoding juga bisa membuat Anda kreatif.

Yang jelas, untuk ngoding Anda tidak harus kuliah di jurusan informatika atau sebangsanya. Kelak, untuk anak-anak saya, apapun jurusan pendidikan yang akan mereka ambil, saya akan memotivasi agar mereka bisa ngoding juga. Kreativitas, logika, persistensi, dan kepuasan adalah nilai tambah dari aktivitas ngoding. Yakinlah…!

Oiya, bagi yang belum tahu, apa sih ngoding yang saya maksud di sini? Ngoding adalah aktivitas menyusun kode-kode menurut sintaks bahasa pemrograman tertentu yang tujuannya adalah untuk membuat sesuatu. Nah, dalam membuat sesuatu itu pasti di dalamnya ada peristiwa problem-solving yang banyak sekali.

Yang belum pernah ngoding, cobalah ngoding. Kalau tidak punya softwarenya, ndak usah berkecil hati. Ngoding HTML+Javascript dengan bermodalkan browser sudah lebih dari cukup. Cobalah ini..

Judul halaman
<html>
<head>
	<title>Judul halaman</title>
</head>
<body>
	<h1>Tes ngoding, bro...</h1>
	<script>
		alert('Halo, ini koding juga kan?');
	</script>

</body>
</html>

Jadi, selamat ngoding Bro...

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s