Evaluasi Blog di Pergantian Tahun

Maksud saya menulis judul di atas bukan untuk mengevaluasi blog ini, melainkan mengangkat bahan perenungan tentang evaluasi blog yang dilakukan pada pergantian tahun. Ya, ada beberapa blogger yang melakukan evaluasi terhadap satu tahun terakhir eksisnya blog mereka. Mereka mengevaluasi dari sisi statistik kunjungan, jenis tulisan yang disukai pengunjungnya, dan sebagainya. Menarik, sebenarnya…

Ya, memang menarik kok. Kalau memang menarik lho ya, blognya.. Kalau tidak, ya mungkin perlu dievaluasi juga apakah perlu melakukan evaluasi semacam itu. Sah-sah saja menurut saya. Toh, aktivitas blogging itu sendiri kan merupakan wahana untuk latihan mengolah kata dari proses asah pikiran. Membuat evaluasi berarti melihat statistik, rataan jumlah pengunjung bulanannya, dsb. Niatnya baik, insyaAllah hasilnya baik.

Kalau untuk blog saya ini mah, tidak usahlah dievaluasi. Alasannya sederhana, karena belum ada bahan evaluasinya. Lagipula yang membaca tulisan di blog ini kan kalau bukan saya, istri saya, itu pasti Anda. Hahaha….

Cukuplah bagi saya evaluasi dilakukan jika ada komentar miring yang datang… Selebihnya, “belum ada bahan.” Dan, tentu saja, evaluasi terbaik adalah dengan istighfar. Semakin banyak menulis berarti semakin banyak kemungkinan salahnya..

Oiya, ini kan tanggal 1 Januari 2014 ya? Boleh ngucapin selamat tahun baru gak sih? (pertanyaan retoris, tidak usah dijawab –red)

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

