Mencari Software Screen Recorder yang Pas

Software screen recorder adalah software yang dapat digunakan untuk merekam apa yang tampil pada layar monitor komputer kita. Outputnya berupa video. Nah, saya saat ini sedang mencari alternatif software tersebut yang pas untuk keperluan laptop saya. Hingga kini saya sudah mencoba Camtasia dan Camstudio. Mengapa kedua software tersebut masih perlu dicarikan alternatifnya? Sederhana jawabnya.

Karena spesifikasi laptop saya kurang memadai untuk proses editing video. Lho, kan ini bukan ngedit video? Iya, memang, tapi sudah mengarah ke sanalah…. Mungkin saja Anda juga mengalaminya: spesifikasi komputer tidak cukup tinggi. Nah, perlu software alternatif kan?

Sekarang saya akan mencoba beberapa alternatif tersebut…

LiteCam HD. Di website-nya diklaim aplikasi ini berjalan lebih cepat tanpa ada lag (seperti terputus-putus). Katanya juga, liteCam HD merupakan software untuk merekam layar komputer yang paling mudah digunakan (untuk Windows). Hasilnya pun, katanya, berupa video yang terlihat profesional yang diproses secara cepat dan ukuran file-nya pun kecil. Interface-nya bagus, merekam cepat, dan tidak ada setting-setting yang rumit begitu. Katanya lho ya, saya kan belum mencoba. Setelah ini, insyaAllah.

Meskipun berbayar, untungnya LiteCam sedang masa promosi yakni dengan memberikan lisensi gratis dengan syarat-syarat tertentu. Misalnya, dengan kita menjadi tester, menjadi reviewer, dan sebagainya.

Camverce. Barangkali masih ada hubungan sepupu dengan LiteCam di atas karena sama-sama menginduk kepada innoheim.com. Software yang satu ini memungkinkan kita untuk menggambar di layar ketika sedang proses perekaman. Dan gambaran itu akan terekam.

Wink. Menurut websitenya, Wink adalah software perekam layar untuk membuat tutorial dan presentasi khususnya tentang bagaimana cara menggunakan sebuah perangkat lunak. Dengan wink, pengguna dapat menambahkan kotak penjelasan, tombol, judul, dan sebagainya. Harapannya adalah tutorial yang dihasilkan memiliki efektivitas yang tinggi bagi penonton. Akan segera saya coba, insyaAllah.

Ezvid. Sesuai yang tertulis di websitenya, ezvid ini gratis tapi kualitasnya tidak seperti barang gratisan. Soalnya, ada fitur dan efek yang bagus-bagus. Bisa untuk mengedit juga, meskipun bukan fitur utama. Resolusi video yang dihasilkan tinggi. Ada juga sintesis suara. Terus, prosesnya cepat. Coba ah…

BlueBerry Flashback Express. Software ini juga gratis. Salah satu yang berbeda dari software ini adalah kita dapat mereview hasil rekaman frame by frame. Jadi seperti bermain di Adobe Flash saja.. Hehe..

Free Screen to Video dari Koyote. Katanya sih cocok untuk pembelajaran jarak jauh. Ah, jadi penasaran nih…

Ah, dicoba dulu sajaaaah…

 

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s