Ikut MOOC “E-Learning and Digital Course”

Pagi ini saya mengikuti sebuah kelas MOOC di Coursera.org yang berjudul “E-learning and Digital Course.” Oiya, sudah tahu kan apa itu MOOC? MOOC singkatan dari Massice Open Online Course atau kursus terbuka online masif. Artinya, kursus online tersebut disediakan gratis, terbuka untuk siapa saja, berapapun jumlah pesertanya. Termasuk saya, dan mungkin Anda, boleh mengikutinya. Yang penting mau sign up dan mendaftar di kursus tersebut.

MOOC E-Learning and Digital Course ini diampu oleh Jeremy Knox, Dr Sian Bayne, Dr Jen Ross, Dr Christine Sinclair,  dan Dr Hamish A. Macleod dari The University of Edinburgh. Berikut ini adalah materi-materi belajarnya..

edcmoocteam

Selamat Datang di E-Learning dan Budaya Digital

Apa artinya budaya digital? Mark Deuze (2006) mengacu dari Baumann (1999) mendefinisikan dua aspek budaya, yaitu sejarah atau peninggaran sebuah kelompok, yang membentuk kehidupan dan pengalaman anggotanya, serta perkembangan dari peninggalan tersebut yang tidak akan pernah sama untuk kedua kalinya (p.73). Deuze menganggap bahwa budaya digital tidak saja membentuk pengalaman dan interaksi online kita tetapi juga berimbas pada kehidupan offline kita, karena budaya ini telah mempengaruhi lembaga, praktik penciptaan informasi dan cara berbaginya, serta pola-pola komunikasi.

References:
Baumann, G. 1999. The multicultural riddle: Rethinking national, ethnic, and religious identities. London: Routledge.
Deuze, M. (2006). Participation, Remediation, Bricolage: Considering Principal Components of a Digital Culture. The Information Society, 22, 63-75.

Wah, ternyata panjang kursusnya.. Bersambung saja kalau begitu… Hihi…

 

Pos ini dipublikasikan di Akademik, Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s