Jihad Mengembangkan Konten Bahasa Indonesia

Saya sempat kepikiran, begitu banyak teknologi opensource yang canggih dan luar biasa. Hebatnya lagi, dokumentasinya sangat detail mengenai bagaimana penggunaan teknologi tersebut. Namun, sayangnya dokumentasi untuk bahasa Indonesia masih sangat kurang. Jadinya saya curiga, apakah bangsa kita memang tidak memerlukan dokumentasi dalam bahasa ibu? Apakah karena pengguna Indonesia-nya adalah mereka yang paham bahasa Inggris? 

Sebut saja teknologi PHP. Di halaman dokumentasi resminya, saya tidak menemukan ada yang versi bahasa Indonesia. Nah, padahal PHP banyak sekali digunakan oleh pengembang aplikasi dari Indonesia. Saya khawatir, proses belajar bahasa PHP langsung maupun tidak langsung terhambat oleh kendala bahasa. Akibatnya, belajar dan menggunakan PHP-pun hanya bisa dilakukan oleh mereka yang telah agak menguasai bahasa Inggris. Padahal, saya tidak menutup mata bahwa teori yang namanya kecerdasan majemuk (multiple intelligence) itu ada. Artinya, ada orang yang tidak cerdas secara bahasa, tetapi sangat mungkin cerdas dalam hal logika dan matematika. Nah, sayang kan jika orang tersebut benar-benar ada?

Oiya, kecerdasan majemuk itu terdiri dari beberapa jenis kecerdasan, yaitu:

  1. Kecerdasan linguistik, bahasa
  2. Kecerdasan logika matematika
  3. Kecerdasan musik
  4. Kecerdasan kinestetik
  5. Kecerdasan visual spasial
  6. Kecerdasan interpersonal
  7. Kecerdasan intrapersonal
  8. Kecerdasan naturalis
  9. Kecerdasan emosional
  10. Kecerdasan spiritual

Jika kemudian proses alih bahasa menggunakan google translate, menurut pendapat saya ada beberapa kekurangan. Pertama, kesalahan susunan tata bahasa Indonesia. Lihatlah contoh berikut ini. Ada yang janggal?

contoh tranlate google

Kedua, teks-teks yang ada di dalam blok contoh kode PHP ternyata tidak diterjemahkan, meskipun itu adalah komentar. Kalau sintaksnya memang tidak perlu diterjemahkan. Bahkan jangan. Tetapi komentarnya, menurut saya tetap perlu diterjemahkan karena komentar ditujukan bukan kepada mesin, melainkan manusia.

Namun demikian, bagi saya google translate tetaplah salah satu tool yang sangat bagus untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu saya, bahasa Indonesia. Tetapi, atas beberapa keterbatasan tentu saja kita tidak boleh menerima begitu saja. Harus ada upaya perbaikan. Itu saja.

Selanjutnya, saya punya ide. Ide apa? Ide untuk mengembangkan konten bahasa Indonesia. Harus orisinil, dari ide sendiri? Tidak juga. Menerjemahkan dokumentasi yang saya maksud di atas ke dalam bahasa Indonesia saya rasa akan sangat bermanfaat. Toh hasilnya berupa konten. Konten berbahasa Indonesia. Bermanfaat bukan?

Nah, saya akan mencoba memulainya, setidaknya dari diri saya dulu. Saya mau menerjemahkan dokumentasi PHP ke dalam bahasa Indonesia. Sumbernya dari dokumentasi resmi PHP di alamat ini: http://php.net/download-docs.php. Nanti, kalau sudah selesai, insyaAllah saya kabari. Mohon doa restunya ya… (Itung-itung belajar bahasa Inggris sekaligus bahasa PHP)

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

