Memajukan Sepakbola Indonesia dengan Gamifikasi

Ini hanya hipotesis saya saja. Perlu diuji, tentu saja setelah dipraktikkan. Ya, sempat terlintas di benak saya bagaimana jadinya kalau diterapkan gamifikasi pada dunia persepakbolaan di Indonesia. Sederhananya, gamifikasi adalah menggunakan elemen-elemen game pada konteks non-game. Lhoh, padahal kan sepakbola itu sebuah game.. Jadi bingung…. Okeh, mari kita simak lebih lanjut.

Sepakbola memang sebuah game. Sebuah permainan. Namun, permainan itu levelnya ada di klub. Kompetisi yang terjadi adalah antarklub. Nah, gamifikasi yang saya maksud itu adalah untuk menyusupkan jiwa kompetisi sampai ke unsur terkecil permainan sepakbola itu. Caranya bagaimana? Dengan statistik.

Ya, statistik harus mencakup banyak hal dan hingga urusan-urusan yang kecil. Statistik passing tiap pemain, akurasi tembakan ke gawang, jumlah menit bertanding, jumlah penyelamatan, dan sebagainya. Langsung atau tidak langsung, pesepakbola akan termotivasi dengan statistik-statistik tersebut.

Saya meyakini hal inilah yang membuat sepakbola di eropa menjadi luar biasa maju. Kompetisi antar-individu memicu lahirnya kemampuan-kemampuan pemain bola yang dahsyat. Dan para pengincar talenta pun tidak merasa kesulitan mencari bakat-bakat baru untuk klub-klub ternama.

Namun, investasi untuk menuju ke sana tidaklah kecil. Harus ada tim khusus yang mencatat statistik di setiap pertandingan resmi. Statistik tersebut selanjutnya dikelola dengan baik dari tahun ke tahun. Tim tersebut harus diperhatikan secara khusus dan didanai dengan dana yang tidak cekak.

Selanjuntya, tentu saja ada anugerah tahunan.  Tidak sulit, kok. Tiru saja apa yang sudah ada di Eropa. Hanya saja, dana yang digelontorkan saya pikir tidak sedikit. Tapi, sekali lagi saya yakin, gamifikasi di bidang sepak bola akan berimbas positif bagi persepakbolaan Indonesia.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s