Audiobook Indonesia

Pernah menyimak audiobook? Audiobook adalah bentuk buku atau teks yang dinarasikan. Namanya saja audiobook yang arti kasarnya buku audio/suara. Namun demikian, ada juga orang menganggap ceramah seorang motivator sebagai sebuah audiobook. Bagi saya ndak masalah. Menjadi sedikit masalah ketika saya mencari buku yang berbentuk audiobook bahasa Indonesia? Adakah? Sepertinya belum ada. Kalau ceramah atau motivasi dari pembicara-pembicara terkenal sih banyak.

Yang Indonesia ada Mario Teguh, Tung Desem Waringin, Andrie Wongso, dan lain-lain. Tapi yang dalam bentuk buku dibacakan sepertinya belum ada, terserah entah fiksi ataupun nonfiksi. Padahal kalau dipikir-pikir kan audiobook itu berguna sekali jika kondisi kita tidak bisa membaca, seperti mati lampu, dalam perjalanan, dan lain sebagainya.

Sementara yang bahasa luar, saya lihat sudah banyak tersedia. Berikut saya contekkan dari detik.com:

  1. Librophile. Adalah salah satu website yang menyediakan koleksi audiobook fiksi dan dongeng serta cerita rakyat seperti seperti The Prince and The Pauper dan Sherlock Holmes.
  2. Ejunto. Bila Anda menyukai membaca buku biografi orang-orang hebat maka Anda wajib mengunjunginya. Ejunto menyediakan audiobook berupa biografi, sejarah dan lain sebagainya. Anda bebas mengunduh semua audiobook yang Anda inginkan.
  3. Free Audio Books. Berisi audiobook dari beberapa penulis buku terkenal seperti Jane Austen, Shakespeare dan lain sebagainya. Selain buku fiksi, ada juga non fiksi. Free Audio Books juga memudahkan pencarian kita dengan fitur search by author.
  4. Bookbox. Anda mencari cerita untuk bedtime story anak Anda atau melatih listening si kecil? Berkunjunglah ke situs ini dan Anda akan menemukan cerita-cerita pendek audiobook yang cocok didengarkan oleh anak-anak. Cerita-ceritanya menarik dan memang ditujukan untuk anak-anak.
  5. Audiobooks Treasury. Satu lagi website yang menyediakan berbagai koleksi Audiobooks dengan lengkap dan berbagai genre. Cara mengunduh di Audiobooks treasury juga mudah.

Selain situs-situs di atas, ada juga situs yang lain, seperti

  1. Librivox, Free public domain audiobooks yang dibacakan oleh sukarelawan dari penjuru dunia.
  2. Open Culture. Ada sekitar 550 Free Audio Books yang bisa didownload dengan gratis. Wow!
  3. Guttenberg juga mempunyai proyek untuk audiobook. Silakan cek di http://www.gutenberg.org/wiki/Gutenberg:The_Audio_Books_Project

Kalau Anda ingin menguasai keterampilan mendengarkan bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, situs-situs di atas tentu menjadi rekomendasi terbaik. Tetapi kali ini saya ingin audiobook yang bahasa Indonesia? Kalau benar tidak ada, mungkin ke depan saya yang akan membuatnya. Gitu aja kok repot… Hehe…

Oiya, di Goodread saya mengintip perbincangan tentang audiobook bahasa Indonesia. Tapi yang dibahas ternyata audiobook luar negeri juga. Hehe… Silakan kalau mau juga mengintip di https://www.goodreads.com/topic/show/1336793-audiobook.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

8 Balasan ke Audiobook Indonesia

  1. untuk mendapatkan ebook bahasa indonesia gratis, silahkan berkunjung ke blog saya

    http://audiobookindonesia.wordpress.com/2014/06/07/audiobook-pride-and-prejudice-indonesia/

  2. untuk mendownload audiobook bahasa Indonesia gratis, silahkan kunjungi blog saya

    https://audiobookindonesia.wordpress.com

  3. siayoe berkata:

    Sekarang udah ada lho aplikasi audiobook khusus berbahasa Indonesia bikinan anak negeri. Tengok saja di listeno.com kak dan silakan menikmati buku dengan cara asyik🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s