Sudah Lama Tak Joomla

Ternyata Joomla sudah versi 3.2. Sungguh, rasanya lama sekali tidak berkontak batin dengan Joomla ini. Padahal ini adalah CMS pertama yang saya bisa operasikan. Dan, kembali saya harus menengok si Joomla ini karena saya harus berurusan dengan salah satu how-to terkait dengan Joomla. Begitulah, saya pun mengunduhnya di sini: http://www.joomla.org/download.html.

joomla_headerMisi saya kali ini sederhana kok. Saya hanya ingin mengecek apakah cara mereset password administrator ataupun user lainnya masih sama caranya dengan Joomla versi yang sebelum-sebelumnya. Mari kita lihat…

Kita mulai dulu dari instalasi.. Dan, ternyata tampilan instalasi sudah berubah wajah. Tetapi tetap saja kesan kemudahan sangat tampak di sini.

instalSelanjutnya, tinggal next dan next saja. Terus klik instal. Selesai.

terpasangNah, sudah terpasang. Oiya, saya memilih menggunakan bahasa Indonesia pada proses instalasi sehingga hasil akhirnya tampak tulisan berbahasa Indonesia.

Langkah terakhir, seperti gambar di atas, adalah menghapus direktori atau folder instalasi. Tapi karena saya mainnya hanya di localhost, saya lebih suka me-rename folder tersebut, dengan maksud siapa tahu nanti dibutuhkan untuk instal ulang. Folder ‘installation’ saya rename menjadi nama lain. Terserah apalah itu, yang penting di-rename. Dan…

doneDan lihatlah, betapa Joomla yang satu ini begitu responsif ketika saya coba mengecilkan layar browser saya…

responsiveSelanjutnya saya mencoba pergi ke bagian administrator. Dalam hal alamat, sepertinya tidak ada perubahan. Foldernya masih default bernama ‘administrator’. Untungnya, untuk alasan keamanan, kita masih bisa me-rename folder ini. Tetapi dengan syarat tambahan. Apa itu?

Misalkan folder ‘administrator’ kita ubah menjadi ‘backend_rhs‘ maka ada yang harus diubah pada settingan suatu file. File itu adalah: ‘/backend_rhs/includes/defines.php.’

Dan alhamdulillah, aplikasi untuk administrator masih baik-baik saja.

TAPI, FUNGSIONALITAS TIDAK JALAN! Wah, sepertinya memang folder administrator pada Joomla dibuat tidak bisa diganti. Kalaupun ada yang mau ganti, harus melakukan sedikit modifikasi pada .htaccess-nya. Jadi, JANGAN SEKALI-KALI me-RENAME FOLDER ‘administrator’….

Misi saya kali ini adalah melakukan reset password administrator. Dengan asumsi yang masih sama dengan Joomla versi-versi sebelumnya, saya membuka PHPMyAdmin. Pada database Joomla, saya membuka tabel users.

Saya edit data salah satu administrator yang ada di situ melalui tombol edit. Kemudian pada kolom password, jangan lupa gunakan fungsi enkripsi MD5. Perhatikan gambar berikut:

new_pwd

Dan, setelah saya coba dengan password baru ‘new_password’, ternyata bisa juga. Ya, cara ini masih bekerja!

Baiklah, sampai di sini dulu per-joomla-an kita.. Hehe…

 

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

