Cek Bookingan Tiket Pesawat

Kalau kita beli tiket lewat pihak ketiga, seperti agen tiket selain maskapai penerbangan, kita perlu untuk mengecek kembali apakah tiket yang kita beli resmi atau tidak. Pernah, dahulu ada kasus penipuan tiket bodong di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Tidak tanggung-tanggung, yang jadi korban adalah pemilik agen perjalanan dan para pembeli tiket. Adapun pelaku penipuan itu justru karyawan agen perjalanan itu yang menawarkan harga miring kepada para pembeli.

Dan begitu tiba hari-H perjalanan, ketahuanlah bahwa tiket yang dipegang oleh calon penumpang pesawat ternyata palsu. Duh, jadilah mereka ramai-ramai melabrak ke pemilik agen perjalanan tersebut.

Sebenarnya, kasus di atas tidak perlu terjadi jika para penumpang jeli menyiasati penipuan-penipuan tiket perjalanan. Pertama, jika bisa belilah tiket pada agen yang telah kita percaya. Tidak sampai di situ, kita juga harus memverifikasi apakah tiket kita palsu atau tidak. Jauh-jauh hari kita bisa menanyakan langsung ke petugas maskapai di Bandara, apakah tiket kita asli atau tidak.

Cara lainnya adalah menggunakan layanan online yang diberikan oleh maskapai pesawat. Sebagai misal, saya membeli tiket pesawat Lion Air. Selanjutnya, saya dapat mengecek status booking saya pada alamat ini:

https://secure2.lionair.co.id/lionairpnr/RetrieveBooking.aspx

retrieve booking

 

Untuk maskapai lain, silakan googling sendiri yak… Prinsipnya hanya itu, pastikan dari pihak maskapai langsung bahwa tiket Anda tidak palsu…

 

 

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s