Sulit Fokus? Sama

Fokus itu mudah diucapkan, tetapi sulit dilaksanakan. Bagaimana tidak, niatnya ingin fokus, ternyata setelah dijalani tidak juga fokus. Bahkan, hingga saat ini, saya merasa bahwa saya tidak pernah  bisa fokus pada satu hal. Saya bersyukur, meskipun tidak fokus, kenyataannya hidup saya masih berjalan teratur. Hanya saja, saya curiga kehidupan yang saya jalani ini tidak optimal. Hmmm…

Bisa jadi, fokus itu amalan yang paling sulit nomor sepuluh, jauh di bawah ikhlas yang nomor satu. Kalau ikhlas itu tidak boleh dirasakan alias diikhlaskan saja, sementara fokus harus dirasakan agar bisa tetap fokus. Eh, bener nggak sih?

Sejauh yang saya baca, fokus itu secara filosofi seperti air yang terus-menerus mengirimkan tetesannya pada sebuah batu di titik yang sama. Hingga pada akhirnya batu itu kalah oleh air, entah terbelah, berlubang, atau lainnya. Yang jelas batunya kalah oleh air. Tampak mustahil, tetapi secara fisika memang bisa dibenarkan. Atau juga seperti suryakanta yang memfokuskan cahaya matahari pada satu titik di selembar kertas. Hingga pada menit-menit berikutnya, terbakarlah kertas itu karena panas sinar matahari yang difokuskan.

Jadi, menurut saya, fokus itu agak sulit diterapkan pada diri kita. Kita ini kan manusia yang memiliki lingkungan beragam. Interaksi dan tanggung jawab kita juga banyak, rasanya agak sulit untuk bisa fokus. Jadi, bagaimana caranya fokus?

Niatnya fokus belajar ini, tetapi kemudian ada kewajiban yang mengharuskan kita belajar itu. Inginnya minggu ini fokus mengerjakan pekerjaan ini, tapi besoknya dihadapkan pada tanggung jawab lain yang harus segera diselesaikan. Jadi, bagaimana caranya fokus?

Hmmm… Pertanyaan yang sulit. Ah, sudahlah.. Supaya mudah, mari kita definisikan sendiri apa itu fokus. Fokus itu…

Komitmen pada apa yang dikerjakan.
Disiplin waktu agar waktu optimal untuk mengerjakan sesuatu.
Tekun mengerjakan satu hal dan menjauhkan gangguan.
Harus gigih untuk mencapai target yang diharapkan.

Sudah merasa fokus? Jika belum, ada baiknya diingat-ingat. Ini saya buatkan jembatan keledai: Komdis tegih (singkatan dari komitmen, disiplin, tekun, gigih).

Selamat berfokus, bro! Masih sulit fokus? Sama…

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

