Distro AV Linux

About AV Linux_005

Sudah pernah dengar nama distro ini: AV Linux? Kalau belum, saya kasih tahu ya. AV Linux adalah salah satu distro yang dibuat untuk pengguna linux yang berkecimpung di dunia konten multimedia. Hebatnya, meskipun konteksnya adalah konten multimedia, ternyata AV Linux dirancang dengan kompatibilitas yang tinggi terhadap hardware-hardware lemah otot dan otak. Hehehe…

Pada kesempatan ini, saya ingin mengulik sedikit tentang AV Linux. Tetapi tentu saja, postingan saya ini tidak dapat pembaca jadikan rujukan karena saya sangat awam (baca: newbie banget) dalam hal sistem operasi Linux.

Untuk mendapatkan file image (*.iso) dari distro ini, silakan mengakses halaman http://bandshed.net/AVLinux.html. Dari halaman tersebut, kita dapat langsung mengakses file-file iso-nya di halaman www.bandshed.net/iso/. Setelah mendapatkan file iso-nya, saya menggunakan Linux Live USB Creator untuk membuat flashdisk bootable yang berisi sistem operasi AV Linux.

Flashdisk bootable sudah siap, berikutnya saya melakukan booting laptop dengan flashdisk tersebut. Akhirnya, tanpa ada hambatan saya bisa menikmati linux secara live dari flashdisk. Selanjutnya, berikut adalah beberapa hal yang saya eksplorasi dari AV Linux.

Menu_006Untuk urusan screen capture, saya menggunakan Shutter. Masalahnya, print screen pada keyboard laptop saya tidak merespon. Untuk menjalankan aplikasi ini, pilih menu Accessories -> Shutter.

Session - Shutter_008

Menu_011Oiya, ternyata pada AV Linux ada pengaturan penggunaan processor. Pada bagian kanan bawah, terdapat pilihan mode prosesor. Saya melakukan perbandingan antara mode performance dan 800 MHz. Ternyata, efek terhadap panas prosesor cukup signifikan. Saya menggunakan perintah ‘sensors’ pada terminal linux untuk membandingkannya. Pada mode performance, suhu prosesor berkisar antara 60°C-65°C, sedangkan pada mode 800MHz suhu prosesor berkisar antara 45°C-48°C.

tester@tester_ ~_004

Berikutnya, saya mencoba koneksi jaringan. Untuk koneksi internet, saya menggunakan mobile broadband jaringan milik Tri. Alhamdulillaah, modem Huwaei milik saya bisa dikenali dengan baik oleh AV Linux. Walhasil, saya tinggal memberi settingan nama APN, yakni 3data. Sementara untuk jaringan nirkabel, saya masih belum bisa menyambungkan ke akses poin yang ada.

Berikutnya, tool yang namanya GParted saya gunakan. Kebetulan saya baru beli harddisk karena harddisk lama saya sudah uzur. Maklum, usianya sudah hampir 6 tahun dan berakibat pada sering hang-nya laptop pada setiap beberapa menit. Nah, GParted ini saya gunakan untuk mempartisi harddisk. Untuk mengaksesnya, cukup panggil di Preferences->GParted.

wbar_012

WBar Dock

Salah satu fitur yang menarik adalah WBar Dock. Dengan WBar Dock, beberapa aplikasi yang populer diberikan icon agar mudah diakses. Letak dock bar-nya ada di sebelah kanan, dengan model interaktif seperti pada Mac OS.

Aplikasi menarik lainnya adalah Compiz Fusion. Dengan menjalankan aplikasi ini kita mendapatkan bentuk jendela-jendela aplikasi yang kita pakai seolah-olah seperti bidang yang terbuat dari karet: elastis. Efeknya begitu cantik tanpa membebani laptop saya. Ah, susah menggambarkannya. Sepertinya Anda harus mencoba sendiri.

Berikutnya, saya ingin menginstal AV Linux ini ke hard disk. Pada manual yang saya dapat di web resminya AV Linux, untuk menginstal ke hard disk, katanya cukup dengan menjalankan Remastersys Installer yang iconnya ada di desktop. Agak bingung juga memahaminya karena saya tidak menemukan apa-apa di desktop. Akhirnya, saya menemukannya di menu Preferences -> Live Installer.

Baiklah, sampai di sini dulu ya…

Oiya, postingan ini saya buat menggunakan AV Linux live, dengan browser yang sangat baik: Iceweasel.

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

