LyX Gagal Export Pdf

Barangkali Anda pernah mengalami gagal ekspor ke bentuk pdf? Atau gagal juga ketika mencoba mem-preview ke bentuk pdf? Atau bahkan ke bentuk yang lain? Dua hari yang lalu saya mengalaminya. Mencari ke forum-forum yang membicarakan tentang LyX ternyata tidak ada jawabannya. Masalahnya menjadi rumit lantaran di LyX tidak ditampilkan errornya apa. 

Selidik punya selidik, ternyata error tersebut disebabkan oleh adanya karakter yang tidak terlihat di LyX. Jadi, ceritanya saya main copy dari sebuah teks di internet. Tanpa saya sadari, ternyata ada karakter-karakter tertentu yang ternyata setelah saya salin ke LyX, secara kasat mata tidak terlihat di layar. Setelah penyalinan itu, setiap kali saya ingin mengekspor ke format pdf, pasti selalu gagal.

Hampir saja frustasi, akhirnya saya coba jalan terakhir. Saya hapus bagian-bagian tertentu dari yang saya salin sebelumnya. Dan, akhirnya ketahuan bahwa ada karakter yang membuat proses ekspor pdf gagal.

Hmm, memang benar bahwa yang tidak terlihat tidaklah mudah untuk diatasi…. Begitulah, melihat atau memahami masalah adalah setengah jalan menuju penyelesaian masalah.

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke LyX Gagal Export Pdf

  1. Bhery berkata:

    Mas file lyx saya tiba2 crash trs muncul file lyx emergency,skrg file lyx penulisan sy gak bisa dibuka, gmana ya mengatasinya?

Tinggalkan Balasan

