Hubungan Tebal Laporan dan Komitmen

Postingan kali ini sekadar mengingatkan lagi memori saya pada akhir perkuliahan semester dua, sekitar setahun yang lalu. Adalah mata kuliah manajemen proyek yang pada ujian akhirnya berupa presentasi laporan perencanaan proyek. Setiap kelompok wajib membuat perencanaan proyek dan mempresentasikannya di hadapan dosen dan para mahasiswa lainnya.

Kala itu kami merancang rencana pembuatan website untuk sebuah institusi pemerintah. Dan alhamdulillaah, tugas kami kelar meskipun baru selesai pagi-pagi beberapa jam sebelum sesi presentasi itu dimulai. Kami, anggota kelompok, begadang semalaman akibat terlalu sering menunda-nunda kerja kelompok. Hehe, sudah risiko seperti itu… Parahnya, hal itu seringkali terulang untuk mata kuliah yang lain. Begitulah tipikal mahasiswa pas-pasan semacam saya, hehe….

Presentasi berjalan lancar. Di akhir sesi pertemuan tersebut, Pak Dosen memberi satu pernyataan singkat yang bisa jadi akan saya pegang seterusnya. Tidak menutup kemungkinan, pernyataan ini juga dipegang orang-orang yang berpengalaman dalam manajemen proyek. Pernyataan itu adalah, “ketebalan laporan menunjukkan seberapa besar komitmen Anda terhadap proyek yang Anda kerjakan.”

“Sepertinya memang demikian, ” gumam saya dalam hati.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s