Trouble Shooting DNS Lookup

Akhir Maret yang lalu, saya mampir ke rumah kakak di Jogja. Momen tersebut sekaligus saya gunakan bersama keluarga untuk jalan-jalan ke beberapa obyek wisata di kota Yogyakarta. Di antara tujuan pelesiran saya adalah keraton Jogja dan Taman Pintar. Oiya, di sela-sela momen liburan tersebut, ada satu catatan saya terkait dengan trouble shooting pada laptop keponakan saya. Internetnya sangat-sangat lambat, sungguh berbeda dari biasanya. Padahal kartu mobile broadband yang digunakan masih sama. Sinyal operator ada, tetapi kecepatan sambungan internet hampir nol.

Saya otak-atik sedikit. Gagal. Gagal, gagal, dan gagal. Setelah saya mencoba ping dan tracert, barulah saya mencurigai ada masalah pada servis DNS-nya. Berdasar petunjuk dari internet, akhirnya saya menempuh jalan ini…

Me-reset entri Winsock pada default instalasinya:

netsh winsock reset catalog

Me-reset stack TCP/IP pada default instalasinya:

netsh int ip reset reset.log

Melakukan flush DNS:

ipconfig /flushdns

Melakukan flush tabel routing:

route /f

Setelah itu, saya mencoba merestart laptop. Dan, alhamdulillaah, semua kembali normal.

Oiya, ada juga yang menyarankan untuk meng-uninstal dan meng-instal kembali update windows SP3.

Semoga bermanfaat…

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Trouble Shooting DNS Lookup

  1. wisnurdi berkata:

    Alhamdulillah, ternyata bermanfaat buat saya sendiri… Hihihi..

Tinggalkan Balasan

