Update BIOS Laptop Toshiba NB10

Update BIOS ternyata tidak seseram yang saya bayangkan. Kekhawatiran akan tidak berfungsinya sistem operasi, atau bahkan rusaknya komputer sempat menghantui benak saya. Tetapi, lantaran laptop yang saya pegang ini masih menggunakan BIOS versi pertamanya, mau tidak mau saya harus meng-update-nya. Laptop yang saya pegang ini adalah Toshiba Satellite NB10 A104. Berikut penampakannya:

toshiba satellite

Saya lihat di BIOS (tekan F2 waktu booting), ternyata versi BIOS-nya masih 1.00. Padahal saya lihat di website resminya Toshiba, BIOS terakhir adalah versi 1.60. Dengan versi 1.00, laptop hanya bisa diinstal menggunakan drive optik eksternal dengan sistem operasi Windows 8.1. Saya sudah mencoba menggunakan Windows 7, Windows XP juga tidak bisa.

Nah, setelah Windows 8.1 terinstal sempurna, beserta driver-driver yang disertakan di DVD saat pembelian, saya pun mencoba mengupdate BIOS. BIOS versi 1.60 saya unduh dari laman web http://support.toshiba.com/support/viewContentDetail?contentId=4006298.

updatean

File installer saya jalankan dengan hasil tampilan seperti berikut:

instal1

instal2

Saya memilih opsi menginstal dari Windows. Anda bisa mencoba pilihan yang lain, tetapi sebaiknya baca dulu instruksinya pada pilihan “Show Instructions Only”.

bios_update

Selanjutnya, pastikan bahwa selama proses update BIOS ini laptop terhubung dengan listrik. Pokoknya jangan sampai mati gara-gara kehabisan suplai listrik. Selain itu, pastikan bahwa perangkat-perangkat tidak ada yang di-hidup-mati-kan atau di-mati-hidupkan. Oleh karenanya, saya mematikan perangkat wifi serta memastikan tidak ada perangkat USB yang tersambung ke laptop.

Alhamdulillah proses update BIOS berjalan lancar. Proses update BIOS terdiri atas tiga tahap, yaitu menghapus memori BIOS, melakukan flash BIOS (seperti menginstal), dan memverifikasi hasil update BIOS.

Demikian, semoga membantu pembaca yang merasa takut untuk meng-update BIOS-nya.

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

