Autonumber pada SQL Server Compact Edition

Baru-baru ini, saya menggunakan database SQL Server Compact Edition (CE) ini untuk pengganti database Access yang menurut saya sudah kewalahan untuk menangani data dengan jumlah record yang besar. Jumlah record pada kasus saya adalah sekitar satu jutaan. Pada awalnya, saya menggunakan Access, tetapi kinerjanya sangat-sangat lambat. Procesor dipaksa bekerja keras, dan akhirnya saya pun menyerah. Saya pun mencari alternatif baru.

SQL Server CE ini file database-nya berekstensi *.sdf. Versi CE ini didesain agar database tetap dapat dibaca tanpa harus ada server yang dijalankan. Ya, kalau boleh dikategorikan, database ini semacam database yang bisa di-embed (dilekatkan) pada sebuah aplikasi, sebutannya adalah embedded database.

Berikut adalah contoh sintaks SQL untuk membuat tabel dengan identitas yang nilainya autonumber:

CREATE TABLE pengguna(id int IDENTITY (10, 1) PRIMARY KEY, uname nvarchar(50) NOT NULL UNIQUE, password nvarchar(50))

Pada query di atas, saya membuat tabel pengguna dengan kolom id yang bertipe data integer (int dan sifatnya autonumber dimulai dari angka 10 dengan inkremen 1 (IDENTITY(10,1)) sebagai primary key (PRIMARY KEY).

Kolom selanjutnya adalah uname dengan tipe data teks panjang maksimumnya adalah 50, tidak boleh kosong (NOT NULL) dan tidak boleh duplikat (UNIQUE).

Untuk referensi selengkapnya bisa belajar langsung dari Microsoft di alamat ini: http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms173041(v=sql.90).aspx.

Selamat mencoba!

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Autonumber pada SQL Server Compact Edition

  1. Ping balik: SQL Server CE dengan Visual Studio | Catatan Gamumed

  2. Ping balik: SQL Server CE dengan Visual Studio | Di sini Cisini, di situ Cisitu

Tinggalkan Balasan

