Tips Berlatih Bahasa Inggris

Mungkin tips ini sudah kuno, tapi baru saja terpikir oleh saya bagaimana caranya agar saya bisa meningkatkan kemampuan listening (mendengarkan) dalam bahasa Inggris. Caranya sederhana, mendengarkan penutur asli dan mencatatnya. Tapi tidak sembarang mendengarkan, melainkan mendengarkan yang serius.

Selama ini, saya sering mendengar tips dari internet bahwa untuk melatih kemampuan listening biasakan mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Tetapi, kenyataanya saya tetap saja kurang bisa menangkap apa yang dikatakan oleh penyanyi. Mungkin saja bahasa-bahasa gaul yang digunakannya jadi saya tidak paham. Akhirnya, saya mencoba metode latihan yang agak berbeda dari kebiasaan umumnya.

Untuk melaksanakan tips ini, kita memerlukan beberapa persiapan. Pertama, komputer sebagai alat pemutar video atau audio yang akan kita gunakan sebagai bahan belajar. Pastikan dalam komputer tersebut ada aplikasi multimedianya.

Kedua, siapkan bahan untuk belajar listening-nya (bisa audio atau video) beserta teks bahasa Inggrisnya. Jadi, saya tidak menyarankan untuk menggunakan audio atau video yang belum tersedia teks bahasa Inggrisnya. Untuk berlatih listening kita belum menggunakan teks tersebut. Kita akan menggunakannya nanti ketika kita mengevaluasi hasil pekerjaan kita. Durasi audio atau video juga jangan terlalu panjang, maksimal 5 menit saja.

Saya sendiri menggunakan audio dari program belajar bahasa Inggris yang bernama Learn Real English Conversations. Di dalamnya terdapat audio beserta transkrip bahasa Inggrisnya.

Berikutnya kita menyiapkan kertas dan pena terlebih dahulu. Kita akan mencatat dengan menuliskannya langsung dengan tangan kita, bukan mengetik di komputer. Komputer hanya kita gunakan untuk memutar audio atau video yang kita jadikan alat berlatih.

Setelah persiapan, kita melakukan kegiatan berlatih. Putar audio atau video yang telah Anda siapkan. Dengarkan dengan seksama. Setiap beberapa kata terdengar, pause audio atau video tersebut, kemudian tuliskan apa yang Anda dengar di atas kertas yang sudah Anda sediakan. Lakukan terus demikian hingga selesai. Anda tidak harus sempurna melakukannya, bahkan Anda boleh mengulanginya jika masih tidak yakin.

Jika anda sudah selesai mencatat, sekarang cocokkanlah catatan anda dengan teks bahasa Inggris yang sebenarnya. Beri tanda pada kata-kata yang Anda salah menuliskannya. Kemudian, ulangi menyimak audio atau video dengan memperhatikan dengan seksama pada bagian-bagian yang Anda salah menuliskannya.

Selamat mencoba, semoga dengan beberapa kali latihan, telinga Anda bisa terlatih dengan sempurna.

Pos ini dipublikasikan di Bahasa dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s